Wednesday, December 21, 2011

Kasus Punk di Aceh

Akhir-akhir ini heboh menjadi pemberitaan mengenai penangkapan dan penggundulan anak-anak Punk di Aceh. Berbagai komentar, argument, dan berbagai opini pun bermunculan. Ada yang PRO ada yang KONTRA. Perbedaan pendapat adalah wajar. Dan kali ini gue mau sedikit berargumen. Dan ini adalah MENURUT GUE, ini opini gue, ini blog gue, jadi suka-suka gue ! Hahaha.. Gue bebas dong berpendapat, ya tho.. Selama gue berpendapat dengan sopan, ya tho.. Hahahahahahaha.. ivanjaya.net


Jadi apa sih Komunitas PUNK itu? Nah, kita kenalan dulu yukk..


Nemu dari Wikipedia, Punk adalah sub-budaya yang lahir di London. Pada awalnya punk selalu dikacaukan oleh komunitas skinhead. Namun tahun80-an punk merajalela di Amrik dan mulai bersatu dengan komunitas skinhead.

Kira2 begono ya, gue juga gatau kalo secara teori Punk itu apa. Setau gue punk itu salah satu genre musik terus gue tau anak punk itu dengan imej penampilan nyentriknya. Yah, you know lah maksud penampilan nyentrik ini gimana. Pokoknya udah ada style khas anak Punk ya.. Style Punk edisi Salahgaul ama mafia >> ivanjaya.net

Gue? Gue suka beberapa band bergenre punk. Eh salah ! Sotoy banget gue. Jujur gue gabisa ngebedain Punk, Metal, Rock, dll. Hampir sama menurut gue yang awam soal musik. Punk ada macem-macem. Punk-pop, punk-rock, punk-street, nahloh gue tambah bingung. Gue, kalo suka lagunya yaudah, gapeduli lagi deh tuh genre-nya apa. ivanjaya.net

So, buat yang ngerti genre music, please correct me if I’m wrong ya.. Gue suka The All American Reject, Green Day, Ramones, Blink 182, All Time Low, Cobra Starship, FOB, Good Charlotte,Paramore, New Found Glory, SUM 41, dll. Itu jenis musiknya apa? Hahaha.. 

Back to main topick,

Di Aceh, baru-baru ini sekelompok anak punk mengadakan konser. Sumber gue kurang jelas nih, jadi gue gak tau gimana, tau-tau petugas kepolisian Aceh nangkepin anak-anak Punk ini. Usut-punya usut, anak Punk ini rupanya dianggap telah meresahkan masyarakat. Iya dong, gak mungkin polisi bertindak kalo tanpa alasan yang jelas.

Jadi buat temen-temen Punk yang ngerasa komunitasnya diusik, please..pleaseee..pleaseeee banget !!! Di telusuri dulu jejak langkah asal muasal..sebab akibat..kenapa terjadi penangkapan anak punk di Aceh. Jangan sekedar ikut-ikutan emosi lalu keluar caci-maki tanpa tau apa yang sebenarnya terjadi.

Sebenernya gue salute banget ama solidaritas anak Punk ini. Kenceng banget kayaknya ya ! Tapi solidaritas juga pake hati dan otak men ! Hmm, maksud gue gini loh, kita bela temen, dukung temen, tentunya kalau itu adalah hal yang bener. Kalo temen lo salah, masa mau di dukung? Temen salah itu diingetin ! Kan solidaritas tinggi, hehe..

Sebenernya yang lebih meresahkan gue adalah atas nama solidaritas, maka komunitas Punk (tidak semua) jadi marah terhadap Islam. Memaki-maki Islam. Padahal yang ngomong begitu ngakunya sih agamanya Islam. Akyuu syeddiiihhhhhhh.. Sadar woy ! Itu lo marah-marah, menghina syariat agama lo sendiri. ivanjaya.net


Ya Allah, maafkan mereka, ampuni mereka, karena sesungguhnya mereka adalah orang-orang baik. Mereka begitu karena mereka belum paham.. Semoga kelak kau tumbuhkan rasa solidaritas kepada rakyat Palestine dan saudara muslim lainnya dimana pun itu di hati mereka.. (Amiiinn..)


Yang pertama menurut gue, harus liat lokasi. Aceh. Serambi Mekah. Itu kan terkenal banget ama budayanya yang islami. Jadi wajarlah kalo mereka kaget dan menolak hadirnya komunitas punk yang dianggap merusak ini. Setiap daerah punya adat yang dijunjung tinggi. Kalo Perancis aja boleh melarang wanita untuk berjilbab, maka SANGAT BOLEH jika Aceh melarang Punk beredar di Aceh.

Mana solidaritas lo ke muslim perancis? Pernah kepikiran gak?

Oke, apalagi menurut warga Aceh, komunitas punk yang muncul disana suka nongkrong-nongkrong dipinggir jalan dan dengan penampilan yang nyentrik ala punkers, pastinya warga jadi risih. Bahkan, punkers yang ditangkep itu katanya pengguna dan pengedar narkoba loh..


Gue yakin dan percaya bahwa Punk isn’t a Crime. Tapi Punk yang kayak gimana dulu nih?
ivanjaya.net


Gue setuju banget ama Kaka Ganteng di Metro TV tadi siang. Dia penulis sejarah punk (kalo gak salah ya..) gue lupa juga namanya siapa.. Sayang gue gak nonton dari awal, gue cuma nonton setengah.

Bismillahirrohmanirrohim, kira-kira kurang lebih doi bilang begini. Komunitas Punk yang muncul dijalanan, yang melakukan pemalakan dan tindakan kriminalitas lainnya, bukan komunitas Punk yang sebenernya. Itu hanyalah sekelompok orang yang ikut-ikutan dan menganggap bahwa mereka adalah punkers, biasanya disebut Punk Alay oleh orang-orang Punk yang juga merassa terganggu dengan hadirnya komunitas seperti ini. Punk Alay yang hanya ikut-ikutan ini biasanya hanya mengikuti style Punk. Tapi mereka sendiri tidak mengetahui essensi dan nilai dari Punk itu sendiri.

Nah gitu kira-kira yang Kaka Ganteng omongin di MetroTV. Kaka ini pun rapi banget. Gada piercing-an sama sekali. Rambutnya juga biasa aja. Cuma pake jaket item yang ada hoodie-nya. Nahloh, kaka ini punkers apa rapper ya sebenernya? Hahahaha, tetep keceh pokoknyah.. ivanjaya.net

Tapi emang menurut doi lagi nih, kalo seseorang udah mengenal essensi dari Punk itu sesungguhnya bagaimana, maka secara otomatis dia bakal meninggalkan accesoris yang mungkin dianggap ciri khas anak punk. Begitchuuu ceman-cemanss kata si kaka Gantengss..

So, jangan saling menghakimi. Jangan pukul rata bahwa semua anak Punk itu brandal. Kalo pembinaan baik, maka punk akan jadi komunitas dengan nilai kreatifitas dan seni yang tinggi loh. Gak percaya? Bisa diberdayakan jadi band music, bisa dibikin group teather, komunitas anti narkoba dll. Soalnya jiwa seni mereka tinggi. Nah, tinggal diarahkan aja ke hal-hal yang positif. Dan ini merupakan Pe-eR kita bersama. Bukan hanya pemerintah, tapi juga masyarakat, bahkan peer bagi komunitas Punk yang mungkin udah mengerti essensi punk itu sebnernya seperti apa.

Dan sebaliknya untuk anak punk, jangan pukul rata negatif mengenai Islam, apalagi kalo lo orang Islam. Oke, please ya.. Hehehe..

Pliiss,, pliss jangan tanya saya apa nilai essensi Punk yang seseungguhnya. Menekete-JRENG !!! Eyke bukan anak Punk.. Eyke Korean Freak ! #GUBRAK !!! Wkwkwkwk.. Well, peace yo !!! Saya tidak bermaksud men-judge. Saya tetap tampilkan sisi positif – negatif nya kan? Gapapa jadi punkers, BUKTIKAN bahwa punk itu bisa bermanfaat dan seperti kata gue sebelumnya >> Punk isn’t crime.. #YES! And Punk is Peace Love en Gahooooll.. Hahahaha.. Kecup sayang.. Muaaacchh..
ivanjaya.net


Cups Cum--

8 comments:

  1. nice post chingu!!
    ditunggu tulisan2 slanjutnya..

    cups ndah..
    agagagag..

    ReplyDelete
  2. tumben ye, bisa KECEhh juga kan gue.. ehehe.. B-)

    ReplyDelete
  3. oooo baru denger tentang ini,, hahah #benerinmohawk

    ReplyDelete
  4. makanyah bohe.. gaol ama anak2 punk dong kayak eykehh.. wkwkwk..
    rame bgt ini bo.. aku ampe sedihhh.. :'(

    ReplyDelete
  5. Kita bukan mencemooh syariat islam cum, kita memprotes kebijakan yang mengatas namakan islam di aceh..
    setau gw, isalam agama yang mengedepankan kebebasan berekspresi kok, ya mungkin ada oknum yang mengaku punk dan mengotori citra punk dimata para petinggi-petinggi diaceh..

    punk gak selamanya urakan, piercing, dekil kok..
    kalo seorang yang sudah tau makna punk sebenernya, cukup dengan jiwa gak harus ke penampilan..

    banyak anak punk yang kerja dikantoran punya jabatan enak kok..
    so, PUNK is NOT CRIME!!!!!

    ReplyDelete
  6. iye.. kan gue juga bilang begituh jah..
    bebas ekspresi tetap ada batasannya..
    ;)

    ReplyDelete
  7. Mungkin ada yang beranggapan punk itu musik, atau hanya life style belaka yang lahir karena sebuah keluarga yang broken home, coba di baca lagi sejarahnya Punk hadir karena penolakannya atas kesewenang2an kebijakan perintah di tempatnya lahir, dengan rambut mowhacknya, spike, dan boot. jangan cuma ngejudge orang tanpa tau dia apa dan kenapa, apa namanya itu ??

    -Punk itu adalah jiwa-

    ReplyDelete
  8. agree~~
    gue gak judge negative loh ya..
    ;))

    ReplyDelete