Thursday, January 19, 2012

Anak Jalanan HEBAT

Gatau kenapa, akhir-akhir ini mood nulis gue kacau balau. Apa karena tomi (laptop gue) lagi rusak dan musti rawat inap di tempat service yak gue jadi males nulis. Ini nulis di nobi (notbuk lama gue). Kebiasaan idup ama tomi, gue jadi berasa dunia sempit amat aja gitu pas ngadepin layar kecil nya si nobi, hoho map ya nobi #kecupbasah. Dan untuk tomi, kamu cepet pulang ya nak, mama rinduu mau nonton video korea, wkwkwk, sama mau nonton dvd tapi gapunya dvd portable.
ivanjaya.net

Oke, back to the topic ! Jadi sebenernya gue itu mau ngomongin soal MASTER. Bukan. Bukan MASTER CHEF ataupun MAS, TERimalah cintaku ini.. *aiisssshh, gagal gombal*



MASTER ini singkatan dari Masjid Terminal. Ini adalah sebuah lembaga pendidikan gratis yang diperuntukkan bagi anak-anak jalanan di sekitar terminal Depok maupun warga yang kurang mampu secara ekonomi untuk membayar biaya pendidikan. Awalnya sih gitu kalo gak salah, tapi seiring berkembangnya sekolah ini, muridnya tak hanya berasal dari Depok aja sekarang. Udah dari mana-mana da nada asramanya. Nih, info lengkap baca disini >>> MASTER


Nah, dulu gue dalam nyelesein TA alias Tugas Akhir bikin penelitian di sekolah ini. Gue pake sample anak-anak jalanan yang sekolah di sini. Gue rasa masyarakat emang butuh lembaga-lembaga kayak gini deh. Masalahnya, walopun program pemerintah untuk pendidikan gratis itu udah ada, tapi jumlah sekolah negeri yang ada tidak mencukupi. Daya tampungnya masih terlalu kecil. Dan banyak masyarakat yang mampu dari segi ekonomi, tetap menyekolahkan anaknya di sekolah negeri yang gratis dengan alasan bahwa sekolah negeri memiliki kualitas yang lebih baik dan memiliki nama baik yang sudah teruji.

Alhasil, kaum marginal lah yang di tendang. :(

Nah, jadi lembaga-lembaga pendidikan gratis kayak MASTER ini sebenernya sangat patut dan layak diacungi jempol, diberikan tepruk tangan (prok-prok) dan harusnya mendapatkan support dari berbagai pihak termasuk pemerintah.

Oke, banyak cing-cong kesana-sini, sebenernya yang mau gue omongin adalah sebuah artikel Koran yang menarik perhatian gue. Judulnya "Anak Jalanan Belajar ke LN" pas gue baca, eh ternyata ini anak-anak jalanan dari sekolah MASTER loh.. Wahh, hebat ya.. Ada 3 orang siswa MASTER yang berkesempatan sekolah dan kuliah di Luar Negeri. WOW, gue aja ampe sekarang masih “ngimpi” kuliah di Luar Negeri. Sumpah gue ampe terharu gitu bacanya.. :’)

Kereeeeeennn, pokoknya manteeeeppp,, canggih banget deh !!!

See? Jangan remehkan anak jalanan. Sesungguhnya mereka itu gak selamanya kotor dan jadi sampah masyarakat. Mungkin beberapa anak jalanan berbuat kriminal, kenapa begitu? Cari jawabannya ampe ke akarnya. Ekonomi. Dan lagi-lagi ini menjadi peer kita bersama. Masyarakat dan pemerintah.

Sebenernya banyak banget kali anak-anak jalanan itu yang otaknya meeeennn,,, beeuuuhh.. ENCERRR.. Belom lagi talenta-talenta yang terpendam.. Akademis maupun non akademis.. Pokoknya mah intinya jangan pandang sebelah mata anak jalanan. Karena belum tentu lo ataupun gue lebih baik dari mereka.. 

Hahaha, udeh begitu doang bahasan lu, Mae? Ya ampun, masyaallah.. Kebanyakan prolog emang gue ye.. Wkwkwk.. :p


Cups Cum--

4 comments:

  1. wah keren boneng, siapa namanya, ambil sekolah/jurusan apah?

    ReplyDelete
  2. ada yg SMA di afrika selatan, ada yg kuliah di al-azhar Mesir, ada juga yang kuliah di arab..
    yang diarab semoga gak bernasib kayak si Vibi di buku 1001 kedai mimpi ya bo.. kasian..
    hohoho

    ReplyDelete
  3. aku juga mau ka kuliah ke luar negri..
    tp bukan swasta ya.. real study abroad.. hoho

    ReplyDelete