Thursday, November 17, 2011

Menggalau Karena Karier

Oke, tanggal 20 november ntar genap gue 2 bulan sebagai pengangguran sejak gue wisuda. Sebut saja “jobless” biar gak keren dikit walopun gak ada keren-kerennya sama sekali karena sama aja, means gak punya kerjaan. Malah kalo diitung dari pas gue yudisium (dinyatakan lulus) itu udah ada 3 bulan lebih kayaknya.

Gue kira lulus kuliah itu enak. Bebas tugas. Dan betapa sombongnya gue berpikir bahwa gue akan segera mendapatkan pekerjaan. Gue pikir, nama baik kampus akan memudahkan gue untuk ngelamar di Rumah Sakit yang besar. Padahal kalo dipikir-pikir, RS-RS besar pasti lebih milih yang berpengalaman daripada yang fresh graduate karena mereka akan memikirkan klien. Klien bisa pada kabur kalo “misalkan” gue yang infuse dan ternyata gue gak bisa sekali tusuk karena arterinya kecil. Trus jadi gue tusuk 2x “misal”. Trus dia orang berduit, karena di RS besar, terus dia protes trus nama baik RS jadi tercoreng. Makanya secara logika emang RS besar bakal nyari yang berpengalaman.

Gue kira gue bakal langsung dapet kerja. Jadi rencana gue untuk sebulan mendem di Pare untuk increase my English skill gue, gue tunda. Tiap mau berangkat, di otak gue muncul “eh, kalo pas gue di Pare trus ada panggilan gimana? Ah, entar-entar aja deh ke Pare-nya” Padahal see? Sekarang udah 2 bulan dan gue masih belom ada panggilan. Harusnya sekarang skill English gue udah bertambah. Tapi yang ada malah skill gak dapet, kerjaan juga tak kunjung tiba.

Well, mungkin-kah ego gue terlalu tinggi?

Beberapa temen gue bernasib baik. Mereka sekarang udah kerja di RS ataupun RSIA. Beberapa di klinik/RB. Beberapa temen gue memilih untuk kerja di BPS dulu sambil nunggu panggilan kerja di tempat yang lebih baik, bisa Rumah Bersalin, Klinik, bahkan Rumah Sakit.

BPS?

Gue gak pernah kepikiran untuk kerja di BPS. BPS (Bidan Praktek Swasta) itu maksudnya kayak Bidan yang buka praktek di rumahnya. Beberapa temen gue kerja di BPS. Bukan buka BPS, buka BPS butuh pengalaman min.2taun trus harus ikut ujian dan tes untuk dapet ijin dari pemerintah. Someday mungkin mereka bakal punya BPS sendiri (amin), tapi sementara ini mereka kerja di BPS punya bidan senior.

Dan lo tau  kenapa gue gak kepikiran untuk kerja disana?

Karena gue gak mau kerja 6x24 jam ! Yup, emang gak semua BPS kayak gini. Tapi mayoritas meminta juniornya untuk jagain BPSnya 6hari dan cuma pulang seminggu sekali. Soalnya mayoritas pemilik BPS juga kerja di RS atopun Puskesmas. Jadi mereka butuh ada yang jaga BPS mereka selama mereka kerja di RS/Puskes.

Gue gak mau tinggal di rumah orang. Gue gak mau stuck di BPS dan harus ijin tiap gue mau kemana-mana. Gue gak bisa yang kayak gitu. Padahal gue tau sisi positif BPS. Kita bisa belajar lebih banyak. Soalnya biasanya bidan senior ngajarin tuh. Jadi apa-apa yang kurang dari kita bisa di perbaikin. Hecting-nya masih belom rapih? Nanti diajarin ama bidannya biar kalo nge-jait perineum lebih rapih. Trus bisa belajar manajemen BPS. Gimana mengelola BPS. Alat-alat, tata ruang, obat-obatan, manajemen keuangan, ke-gawatdarurat-an, deteksi dini, semua bisa di pelajari buat modal pengetahuan kalo nanti suatu saat kita bikin BPS sendiri.

Nah, masalahnya gue juga gak ada impian buat bikin BPS !

Hehe..

Kebahagiaan gue sebagai Jobless adalah bahwa gue punya orang tua yang gak bawel. Alhamdulillah, umi ama abi itu gak pernah menuntut gue untuk segera bekerja. Bahkan uang bulanan pun masih mengalir walopun gak sebesar pas gue masih kuliah. Tiap gue keliatan stress gak kerja-kerja, mereka nenangin gue dan bilang “udah, sabar aja. Gapapa. Umi abi aja gak minta kamu buru-buru kerja. Sabar aja nunggu panggilan. Kalo gak kerja, ya kuliah lagi aja. Insya Allah masih ada rejeki buat kamu dari Allah melalui umi ama abi.”

Nyess, melting kan? Gue jadi santai. Hahaha. Tapi tetep usaha dan berdoa tentunya.

Sampai suatu hari, ibu yang kerja di rumah gue bilang kalo ada lowongan di BPS tempat anaknya periksa hamil. Gue bilang dong kalo gue gak minat di BPS dengan jadwal 6x24jam nya itu. Trus tau-tau dia bilang ke umi tanpa sepengetahuan gue. Waktu itu gue lagi pergi. Pas gue pulang, terjadi percakapan ini..

Abi : Kamu maunya kerja di Rumah Sakit ya ka?
Gue : Yup !
Abi : Kalo klinik?
Gue : Gapapa deh, dari pada nganggur.
Umi : Bd. Sri katanya Mak Ning lagi buka lowongan ka..
Gue : Aku gak mau..
Umi : Kenapa?
Gue : Aku gak mau nginep di rumah orang ! BPS itu kerjanya 6x24 jam mi..
Umi : Coba aja dulu. Kan belom tentu kalo di Bd. Sri kayak gitu.
Gue : Aku gak mau !
Abi : Kamu emang gak bosen di rumah?

*Jleeeebbb.. sumpah rasanya pengen gue jawab “Aku gak bosen di rumah. Kamu kali yang bosen liat aku terus dirumah” tapi tentu aja gue pendem dalem hati.

Abi : Hey, kok kamu diem aja? (sambil mijetin kaki gue.. seeeett, bikin gue gak berdaya, gue cuekin tapi gue di pijetin)
Gue : Pokoknya aku gak mau bi kalo BPS. Please jangan suruh aku kerja di BPS.
Abi : Mau dimana? RS? Cengkareng mau? Ntar abi bilangin ke dokter *** (temen bokap yang jabatannya lumayan berpengaruh di RSUD Cengkareng)
Gue : Jauh banget itu Cengkareng.
Abi : Trus kamu maunya dimana?
Gue : Yang aku masih bisa pulang kerumah. Aku gak mau ngekos. Gaji aku bisa abis buat bayar kosan ama makan kalo gitu.
Umi : Kamu gak boleh liat dari gaji ! Yang penting ilmunya kepake ! Udah di Bd. Sri aja ya !
Gue : Gak mau !
Umi : Kamu itu harus mulai ninggalin jiwa seneng-seneng kamu ! Kamu harus belajar ketemu orang yang beda-beda. Nolongin orang. Pasien macem-macem. Ada yang orang punya, ada yang kurang. Harus punya kesenangan ketika bisa nolongin orang. Kerja itu jangan pengen langsung enak. Mulai dari bawah. Rintis dari yang kecil. Abi dulu juga gitu. Sekarang aja Alhamdulillah udah bisa ngasih anaknya macem-macem. Anak diturutin semua-mua yang diminta, malah jadi manja. Kebiasaan hidup enak. Kebiasaan hidup nyaman. Jadi gak siap kalo disuruh mulai dari bawah..

Buseeett, gue yang lagi bad mood doi ceramahin bukannya tersentuh malah jadi kesel dan makin bete. Walopun kalo sekarang gue pikir dengan pikiran dan hati yang tenang, nyokap gue 100% bener. Tapi tetep, maaf seribu maaf, hati gue tetep belom kepanggil untuk kerja di BPS. Mianhae, jeongmal mianhae eomma.. :’)

Gue udah cerita ke beberapa temen, pasti mereka setuju ama nyokap bokap gue dan nyaranin gue untuk ngalahin ego gue. Tapi maaf ! Gue bener-bener gak bisa jaga 6x24 jam. Masih banyak hal yang mau gue lakuin selain stuck di BPS. Maaf banget. Mungkin emang gue keras kepala. Mungkin gue emang egois. Tapi bukankah gue udah cukup mengalah 3 tahun kuliah di bidang yang gue gak suka pada awalnya? Bukankah gue udah cukup mengalah tertatih-tatih belajar ilmu yang bukan minat gue? Sekarang pun gue mengalah. Gue mau jadi bidan. Walopun gue pengen banget kerja di kantoran, dibalik meja, didepan laptop atopun computer, dengan jadwal membosankan pagi-sore, senin-jum’at tapi gue pasti libur di weekend dan tanggal merah. Punya waktu pasti untuk keluarga, liqo, dan cekidot sana-sini.

Huufffttt..

Sekarang gue berdoa untuk mendapat yang terbaik. Gue emang mau kerja kantoran. Tapi kalo Allah mau gue mengorbankan waktu gue untuk kerja shift-shiftan di RS gue ikhlas ngejalaninnya sekalipun itu ada shift malemnya, skalipun mungkin weekend gue masuk, skalipun mungkin lebaran gue tetep masuk dan gabole cuti. Tapi gue mohon, jangan BPS. Itu aja harapan gue. Dan harapan terbesar, tetep di kantoran..

Hehehehe~~~


Cups Cum--

25 comments:

  1. muahahah, terakhirnya begitu :D
    tapi emang deh, masa kayak gini tuh masa 'sensitif abis' kalo orang nasehatin, bawaannya malah tambah emosi bok. gimana gitu kan, kita juga udah usaha ngelamar sana sini. milih-milih kerja dikit juga gapapa kan, toh kita juga yang bakal ngejalanin #eaa #penggalauan

    ReplyDelete
  2. Cerita ny cerita ku saat ini..
    Sekarang pzt udah mencitai bidan y Ka? Kan udh 2013, :D cara nya gimana, hiks.. :'(

    ReplyDelete
  3. hahaha.. masih kok.. kerja di office..

    ReplyDelete
  4. kerja d kantor asuransi aja atw d bank. bs trima smw jurusan d3

    ReplyDelete
  5. kerja d kantor asuransi aja atw d bank. bs trima smw jurusan d3

    ReplyDelete
  6. Aduhhh sama bangettt, aq juga ga begitu suka sebenernya... Dlu pengennya kerja di balik meja,yang sabtu-minggu pasti libur, ada info loker d assuransi ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba daftar jobstreet aja, atau buka web resmi asuransi yang km mau, tar ke kolom karir..

      Delete
  7. Kaa maaf sksd:( hehe aku senasib sama kakak nih aku kuliah bidan tapi bukan kemauan aku sediri rasanya tuh gmn ya ga ada semangat2nyaa.. Aku emang belum lulus tapi aku mikirin nanti aku kerja apa:( aku juga ga mau di bpm atau yg berhubungan sama kebidanan aku pengen kerja kantoran:( boleh tanya kakak skrg kerjaa apaa ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. skrg lanjut s1 ekstensi di ui say.. sambil kerja tp krn part time jadi kalo lagi ada project aja. kalo gak, ya aku fokus kuliah.. ;)

      Delete
  8. Sama saya juga alhamdulillah bulan depan wisuda tapi gue fikir setelah lepas dari 3tahun yg suram semua serba paksaan ortu gue makin pusing mau kerja dimana .. Orang tua gue pengen gue kerja jadi bidan ptt honoran dulu di puskesmas atau rs tapi gue gak mau gue juga mau kerja kantoran aja tapi kata orang tua gue yg percuma aja umi sekolahin kamu mahal mahal tp ilmunya gak kepake pas blg gitu aku nangis mikir ah... Gue harus gimana sekarang ? Hatiku dari awal masuk jurusan ini sampai sekarang gak bisa nyantol .. Orang tua gue gak tau gue bukan tipe orang yg gampang berinteraksi sama masyarakat gue orgnya susah beradaptasi pdhl bidan itu harus deket sama masyarakat gue juga gak mau jadi bidan asal asalan .. Rencana doang gue mau masuk di dinkes doain semoga bisa masuk ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, goodluck ya..
      tapi sebenernya kalo gue liat temen2 skrg yg memilih jadi bidan di RS sih enak loh.. Tapi emang awalnya sulit, hahaha harus kuat mental.. ;)

      Delete
  9. Hi, nice to meet u @cumacumae..
    Kesasar di blog km, malah seperti berkaca pada diri sendiri. Apa yg km alami di thn 2011 lalu, skrng aku alami..
    Fres graduate, kuliah bukan dr hati, strugle krn inget senyum bahagia ortu aja, plan ke pare, anti sama BPS,. Haha
    Sukses buat kita semua yg senasib, satu perjuangan..
    Bunga yg hebat selalu tahu cara beradaptasi dan bertahan,
    Tidak ada ilmu yg sia sia..
    Sukses buat kita semua..

    ReplyDelete
  10. Betul. Pengalaman biasanya lebih diperlukan dari pada yang fresh. Orang berpengalaman biasanya juga lebih bertanggung jawab secara profesional, dari pada fresh graduate yang biasanya lebih sering menganggap sepele.
    But, jangan minder, find experince towards.

    ReplyDelete
  11. Oh ya...
    Buat para blogger, ayo gunakan aplikasi penghasil uang dengan sistem afiliasi. Bisnis afiliasi adalah bisnis yang wajib diikuti setiap blogger. Ada banyak sekali komisi yang bisa didapat dari aplikasi ini. Produknya dibutuhkan setiap hari. Tinggal gunakan aplikasinya secara rutin, dan ajak temanmu, maka komisi siap ditransfer ke kamu.
    Untuk lihat detailnya ada di blog saya.

    ReplyDelete
  12. Eh tiba2 masuk ke blog kaka dan sama bgt ka ceritanya:( btw aku lulusan ners dan aku kerja di rs udah sebulan dan mau resign karna ga betah. Aku masih ngincer kantoran yang pagi sore senin jumat weekend dan tanggal merah pasti libur :”) hiksss aku gamau kena shift ka, mungkin ada yang punya info loker hehe

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum..kak,maaf apa boleh saya minta alamat email nya? @cumacumae

    ReplyDelete
  14. Setelaha baca blog kaka,aku merasa gak sendiri yang ingin bekerja di kantoran πŸ˜‚ aku kuliah jurusan kebidanan ka, sama persis sm kaka aku g mau kerja di bps karena g betah lama lama terkurung di rumah orang, akhirnya sekarang aku kerja di bank swasta 😁, makasih ka telah berbagi kisahnya aku jadi gak merasa banting stir sendiri πŸ˜†

    ReplyDelete
  15. Saya bidan lulusan 2008. Sbenrnya pengen jd guru b inggris. Karena ortu yg minta jaid bidan ya udah kul di kebidanan. Awal lulus ...kayakny indonesia raya..saya juga ikuy bidan. Emang benar kerja 6x24 jam bahkan 7 x 24 jam. Bidan yang dulu saya kerja disana adalah bidan koordinator puskesmas. Ini pengalaman krja di BPS jam 04 pagi harus sudah bangun. Mandi lalu merapikan ruang periksa. Steril alat. Jam 5 mulai pelayanan pasien periksa. Jam 7 bidan brgkt ke puskesmas. Sy yg lanjutin kerjaannya. Rekap obat, layani kalau ada pasien periksa, bahkan disuruh cuci liring sekeluarga sama pembantunya, disuruh lap lap ruang periksa, nge pel. Jam 12 waktu nya mau tidur ngga enak..soalnya pemilik BPS pulang. Ya udah lap2 ruang periksa dan nongkrongin BPS. Ga bebas banget diawasi 24 jam. Jam 2 ada pasien ya kita yg layani. Bidannya ga mau turun dari kamar. Baru jam 5 sore bidan mau turun ke BPS. Dah gitu slsi jam 7 malam. Dianya ke kamar lagi, nah giliran kita masih nangkring di BPS. Soalnya 1 rumah juga. Jadi ga enak kalau tidur2 an. Malam saat mau tidur eh ada pasien mau melahirkan. Ya udah kita yang ngawasi sampai pembukaan lengkap nggak tidur. Bidannya? Tidur lah. Giliran pembukaan lengkap turun lalu kita yg lanjut heacting sampai sibin. Jam 3 mau tidur datang oasien lagi ...pengawasan lagi. Lanjut sampau pagi kembali ke aktifitas yg tadi jam 4 pagi. Badan udah kayak digebukin. Kalau week end mau pulang? Engga bisa...kita minggu pagi ada pelayanan imunisasi dan ada pijat bayi. Emang sy kerja sndirian ikut ntu BPS. Sbelum saya sudah kabur duluan. Akhirnya ga kuat..ngadu sama bokap nyokap..saya hanya bertahan 1 bulan. Dan tahu ga bayarannya berapa 200 ribu buat beli jajan . Karena gw itungannya bukan kerja tapi mencari pengalaman. Ya sudahlah mau gimana lagi..hahahahhahahah.....Dalam diri gw berjanji ..kalau punya BPS gw rekrut minimal 3 bidan ..biar bisa istirahat. Bgaimanapun juga bidan junior juga manusia punya rasa lelah dan butuh istirahat.
    Gw skrg dah kerja di puskesmas dan skrg lagi galau p3ngen kerja di rumahsakit. Kira kira enak dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir semuanya sama yaa. Aku pun sama seperti kamu dan org2 yg di atas. Aku bingung mau ambil jalan kemana meski udh punya gelar ini. Kalo di dinkes enak ga si ?

      Delete
    2. Tpi klo pilih pkm or rs mending rs si yaa ga perlu rekap ini itu yg terjun kesana kemari wkwk

      Delete
  16. Kerja di Dinkes enak g sih kak.,? Btw aku udah berkali kali taroh ke Dinkes tp blm juga di panggil

    ReplyDelete
  17. Sama banget kak. Aku masuk bidan karena keinginan papa. Waktu selesai kuliah jga aku pengen ke pare untuk belajar bahasa inggris lebih dalam lgi. Cita2ku aku pengen kerja yg berhubungan dg hobi nulisku. Tapi harus mengalah karena papa bilang jadi penulis gk bisa untuk makan.

    7 bulan aku nganggur & membangkang, aku coba nulis di wattpat. Untuk pemula progress nya sebenarnya udh lumayan. Tapi karena egoku lebih tinggi dan desakan mencari kerja lebih kuat, ditambah papa yg sering nyinggung sana sini, akhirnya aku memutuskan untuk berenti dan kembali ke kota tempatku berkuliah.

    Dgn berat hati aku kembali menekuni hal yg tidak ku suka. Tapi aku juga punya prinsip yg sama dg kk, aku gk mau kerja di bps.

    Aku gk mau kerja 6x24 jam! Lebih baik macet2an di jalan, pulang dalam keadaan benar2 capek, tapi yg jelas aku di kamarku sendiri.

    Sekarang aku masih memasukkan lowongan di beberapa rs. Beberapa ada yg gagal & beberapa ada yg tanpa kepastian. Aku harap sebelum puasa aku sudah bekerja.

    ReplyDelete