Monday, November 7, 2011

Bisnis Sih Yoookk...

Akhir-akhir ini sering banget nonton acara varietyshow yang ngebahas tentang kesuksesan para enterpreneur muda. Terus baca buku-buku yang  menganjurkan kita untuk berjiwa enterpreneur. Aduh, tiba-tiba jadi keingetan dulu itu saya punya cita-cita untuk buka usaha gitu. Semacem Cake and Bakery gitu ama  Toko Bunga. Wahahaha, unyu-unyu banget kan cita-cita saya. Padahal bikin kue gak bisa, ngurusin kembang males. Hahahaha. Mau dibawa kemana coba ini cita-cita.

Tapi ya, karena panggilan kerja tak kunjung datang, saya jadi kepikiran untuk merealisasikan ini semua. Well, pengusaha-pengusaha muda yang gue tonton itu rata-rata usaha di bidang kuliner. Mungkin gak jadi buka toko kue, bagaimana kalo bikin rumah makan kecil-kecilan di daerah kos-kosan anak-anak kampus?



Ini akibat saya nonton Kick Andy 2minggu yang lalu kayaknya. Lupa juga saya tanggal tepatnya. Pokoknya disitu dateng owner dari Pecel Lele Lela. Doi itu kuliahnya padahal IT, udah sempet kerja di perusahaan juga, tapi mutusin untuk mundur dan buka usaha Pecel Lele Lela ini. Guess what? Dia cuma modal 3juta. Awalnya sebagai newbie pastinya dia jatoh bangun dulu. Tapi sekarang? Cabangnya dimana-mana.. Prok-prok-prokk !!! Bahkan mau buka cabang di Mekkah karena ada yang request.. Prok-prok-prookkk lagii.. 


Terus saya nonton di event lain.. Hmm, lupa apaan. Pokoknya ada usaha Warteg tapi suasana cafe gitu. Keren deh. Makanan dan harganya itu ala warteg, tapi suasananya lesehan, ber-AC, terus ada TV flat, terus hotspot juga. Hahaha, gak rugi tuh ye dia? Targetnya anak-anak kampus karena dia sengaja buka di wilayah kampus. Terus nonton Just Alvin juga. Tentang MC-MC yang alih profesi jadi enterpreneur. Masih dibidang yang sama, kuliner. Kalo yang ini sih modalnya gede kayaknya. Keliatan dari resto-nya yang udah wooww banget.

Oke, lagi on fire, tiba-tiba baca buku Notes From Qatar karangannya Qaqa Muhammad Assad. Wkwkwkwk, sok kyut banget saya sebut dia qaqa.. :p
Di buku itu ada bab yang ngebahas soal bisnis. Hmm, Rasulullah pernah bilang kalo
"9 dari 10 rezeki itu berasal dari perniagaan"


Nahloh, makin bersemangat dong saya. Lalu di grup Whatsapp cuap-cuap mengenai ini, di twitter juga, bahkan diskusi lewat sms juga dengan beberapa temen dengan harapan ketemu partner buat bisnis bareng. Tapi apa daya ya, sulit menemukan yang mau susah dulu. Ya, saya sendiri juga gak munafik kalo saya juga kalo bisa mah maunya langsung enak, langsung sukses. But there's no success in comfort zone. Jadi kita harus keluar untuk mencapai kesuksesan. Tapi gimana ya, dari kecil kita udah terbiasa dengan segala fasilitas yang terpenuhi dan hidup nyaman. Jadi takut kalo mengambil resiko.

Saya sendiri udah coba bilang ama umi kalo saya mau coba bisnis. Umi sih dukung banget. Dia usul, cattering. Dia mau bantu katanya. Saya seneng nih di support gini. Lalu datanglah keraguan dalam diri saya. Kalo ngurusin cattering berarti bakal ribet di dapur dong? Kapan saya mainnya ama temen2? Aiiihhh, ini nih sebenernya yang selalu jadi halangan saya. Saya selalu berpikir tentang spending time to have fun with my friends.. Gimana pun juga saya emang gak siap untuk kehilangan masa-masa bermain-main. Makanya saya butuh partner seumuran. Kalo ama umi bisnisnya ada perasaan gemanaaa gitu. Tapi saya juga harus bisa bersikap dewasa toh? Aigooo, ottokae eomma???!!



Cups Cum--

1 comment:

  1. Nah, memang lebih bagus bisnis sendiri untuk kedepannya sehingga bisa membuka lapangan kerja baru. Tetapi untuk menjadi jiwa entrepreneur itu yang susah...hehehe

    ReplyDelete