Monday, November 28, 2011

Balada Jobless

Ya ampun, judulnya menyedihkan yee.. Ahahaha.. Udah-udah, jangan nangiss, cup-cupp-ucupp..
(ecieee, anak RT berape tuh ucup? *plaakk)

Alhamdulillah, usaha saya pas Muter-Muter Jekarda *kelik* membuahkan hasil. Langsung keesokan harinya ada telepong masuk ke henpong saya. Nomor tidak dikenal ! Oh, my.. ini yang saya nanti-nanti selama ini. Tapi pas nih nomor masuk, saya lagi megang henpong satunya lagi. Tau-taunya di Whats App, Opi bilang : Mae, kamu di telpon trans gak?



Buru-buru saya ambil tuh henpong Samsung Hybrid yang ada di kamar. One Missed Called. Nomor tidak di kenal. Aeeee,, mateeeeee...

Setelah chatting-chattingan ama Opi dan saran dari mama-nya Opi, akhirnya saya telpon balik tuh nomor. Tapi gak diangkat.

Timing-nya emang mepet banget ama jam istirahat sih. Terus kata Opi jam 1-an telpon lagi ajah.

Sambil nunggu jam 1, dengan ragu saya cerita ke umi saya. Tepat sesuai dugaan, umi saya gak setuju kalo saya kerja di situ. Alasannya banyak, satu yang paling saya inget dan paling *jleeebb adalah : Kalo kerja itu pilih yang bawa kebaikan untuk akhirat juga. Jangan cuma dunia yang diliat.

Oke, akhirnya saya putuskan untuk nunggu telpon ulang dari pihak Trans aja. Saya gak usah nelpon balik ke sana. Kalo emang Trans tempat yang baik untuk saya, saya yakin pihak Trans bakal nelpon lagi abis jam istirahat.

Tapi ternyata pihak Trans tak kunjung menelpon lagi, malah si abi yang lagi di Malang waktu itu yg nelpong. Pas abi nelpon, saya cerita sekaligus minta ijin. Si abi ngijinin. Sebagai batu loncatan ! Gitu kalo kata abi. Saya sampein ijin dari abi ini ke umi. Akhirnya umi adem. Doi gak banyak komentar. Tapi mungkin emang bukan takdir, sampai malam tidak ada telepong masuk dari Trans untuk kedua kalinya.

Seminggu dari coba di klik saya di whats app lagi ama si Opi.
Maeee, kamu di telpon Rabbani gak?


Aiiisshh,, kenapa sih saya itu sering banget nge-silent henpong??! Kyaaaa~~~ 
Ternyata bener, ada missed called dari nomor gak di kenal. Beruntung, pas saya pegang, langsung nelpon lagi tuh nomor. Tanpa banyak cingcong, saya angkat !

Yeaaahhh, saya disuruh interpiuww keesokan harinya di Rabbani cabang Depok. My first Interview ! Alhamdulillah, ya Allah..

Singkat cerita, setelah interview yang luar biasa bernuansa islami, (bayangin aja masa interview kerja pertanyaannya berapa kali shalat tahajud dalam seminggu, apa arti jihad, buku apa yang terakhir kali anda baca, dll ahaha, subhanallah yah.. ;)) saya di panggil lagi untuk training..

Saya melamar sebagai Store Manager. Tapi pas training saya di training sebagai Sales Consultan Marketing. Oke, saya coba ikutin dulu. Feeling saya emang ini cuma lagi di gertak aja. Di tes kesabaran gitu loh.

Dan bener ajah, hari pertama training pas udah mau jam pulang saya disuruh nyebarin brosur. Gak tanggung-tanggung, di terminal dan stasiun. Omaigoott~~ Malu ! Malu banget pastii ! Bayangin aja dong ! gimana kalo ketemu temen?
Mae, ngapain disini? Kok nyebarin brosur? Gak kerja di RS?
Mau jawab apa saya kalo ditanya gitu? Belom lagi kalo ketemu temen umi atau abi. Hayooo, saya harus gimana? Pasti malu-maluin. Mencoreng nama baik keluarga.


Sebenernya saya kerja di Rabbani ini juga ijin dari orang tua tuh ya antara ngijinin - gak ngijinin. Digantung gitu lah. Sebenernya gakboleh. Abi ama Umi maunya saya kerja sesuai ama bidang kuliah saya. Biar ilmunya bisa dimanfaatkan dan banyak membantu masyarakat, eeaaaa.. Tapi mungkin karena kasian saya gak dapet panggilan dari RS, akhirnya di bolehin. Apalagi lingkungannya Islami banget kan? Tapi tetep aja kalo nyebarin brosur di tempat umum gini kan pasti saya udah mencoreng dan memalukan orang tua saya.. Orang tua mana yang nguliahin anaknya Kebidanan untuk nyebarin brosur di terminal & stasiun sebagai SCM alias SPG..

Alhamdulillah, ada kakak senior yang ngebantuin. Dia nyebar 80% brosur sementara saya cuma 20%. Pulang training, saya cerita ke umi-abi. Mereka meminta saya untuk berpikir ulang soal pekerjaan ini. Tapi saya sudah bertekad bulat bahwa saya akan keluar dari zona nyaman saya selama ini. Meninggalkan title "Anak Manja" dan belajar untuk mandiri.

Hari kedua, waktu terasa lambaaatt banget. Ya, Allah, rasanya 8 jam itu lama sekali. Bosan mulai terasa. Lalu entah kenapa hari itu mood saya benar-benar berantakan. Galau dan Labil kembali datang. Saya seolah merasa menyesal dengan keputusan ini. Saya merasa bahwa ini bukan pekerjaan yang tepat untuk saya. Saya merasa mengecewakan serta mempermalukan orang tua, bahkan saya merasa mempermalukan diri saya sendiri.

Whats app, twitter, YM, sms, curhat sana-sini. Pas itu rasanya mau nangis di tempat. Tapi rasanya gak mungkin juga. Malu ama pegawai lainnya. Udah ngambang gitu padahal air mata saya, tapi saya tahan. Sampai pada saat tiba waktunya pulang, rasanya seneng banget..

Sampe rumah, seperti biasa, umi kalo saya baru buka pintu pasti langsung nanya : Gimana hari ini?
Hari itu kayaknya emang lagi super labil dan cengeng. Saya langsung sungsep di paha umi saya. Menangis sejadinya. Langsung kepala saya di usep-usep. Sambil berkeluh kesah, saya menangis kejeeerrr banget..

Setelah diskusi panjang, dan mendengar segala masukan dari umi, saya putuskan untuk berhenti dari training di Rabbani. Ahahaha, ternyata saya masih lil'girl nya abi ama umi yang cengeng dan manja. Makasi ya umi, abi, dan temen-temen semua yang udah support dan selalu kasih masukan buat saya. Yang udah gak malu temenan ama mba-mba Rabbani, yang gak ngetawain saya pada saat ternyata saya belum cukup kuat untuk keluar dari zona nyaman menuju dunia yang sesungguhnya.. Hiks, terharu..

Dan sekarang akhirnya saya kembali di rumah. Menikmati masa-masa jobless ini. Di rumah, sebosan apapun selalu jauh lebih baik daripada bosen di tempat lain.. Home sweet Home..
 Dan semoga segera datang pekerjaan yang baik untuk saya setelah ini. *amiiiiinnn
Dan datang seorang jodoh juga yang baik untuk saya *amiiiiiiiiinnnnnnn ya Allah*

Ehehehehe..


Cups Cum--

5 comments: