Monday, November 28, 2011

Hijab Story

Tulisan ini saya kirim untuk ikutan pastisipasi di next book nya Bang Assad. Kalo terpilih, alhamdulillah, kalo gak yaudah gapapa, yang penting udah share pengalaman ajah.. Hahaha.. #pasrah

~~~

Assalamu’alaikum wr.wb.

Wah, senang rasanya diberi kesempatan untuk share mengenai hijab kepada teman-teman semua. Sebelumnya saya akan memperkenalkan diri. Nama saya Syahidah Sumayyah. Saya lahir di Depok, 24 November 1989. Alhamdulillah saya lahir di keluarga yang mengajarkan ilmu agama dengan cukup baik dan menanamkan tentang syariat beragama pada saya dan adik-adik saya sejak kecil. Saat ini saya baru lulus kuliah dari Poltekkes Kemenkes Jakarta III Prodi Kebidanan Cipto Mangunkusumo. Sambil menunggu panggilan bekerja dari Rumah Sakit, saya sempatkan dengan menulis secuil kisah hidup saya ini. Hehehe.

Hijab, jilbab, kerudung, sama aja ya dari segi tujuan penggunaan. Itu hanya istilah aja. Hmm, mulai cerita dari mana ya? Awal mula saya menggunakan hijab? Wah, dari usia masih hitungan bulan saya udah dipakein jilbab sama umi saya. Tujuannya adalah supaya saya terbiasa dengan hijab walopun gerah-gerahan. Ya, kalo udah memberontak karena kegerahan, pasti dilepasin tuh kerudung ‘mini’nya ama umi. Waktu saya masih kecil, belum ada kerudung yang berukuran kecil yang diperuntukkan bagi anak-anak kecil. Jadi yang dipakein ke saya waktu itu? YES ! It was made by my Umi.. ^0^

Saking kepengen anaknya terbiasa dengan kerudung, umi ampe bikin sendiri. Ehehe, is it creative enough, isn’t it? Oke, akhirnya saya pun tumbuh sebagai gadis kecil yang beranjak dewasa dan berkerudung pastinya. Hmm, playgroup – TK – SD, semuanya saya lalui di sekolah berbasis Islam. Suasana yang kondusif untuk membangun benteng-benteng keimanan. #eeaaaaa hahaha.. :p

Lalu Umi dan Abi mengambil keputusan untuk melanjutkan sekolah saya di sekolah negeri dengan tujuan agar saya bisa beradaptasi dengan lingkungan yang heterogen. Bertemu dan mengenal jenis orang yang beragam. Beragam karakter, beragam agama, beragam status social, dll. Dan bukankah bunga yang tumbuh di antara kaktus itu lebih indah? #eeaaa #abaikan -___-“

Oke, lanjut. Jadi ternyata di sekolah negeri ini lah semua mulai di uji. Apakah saya bisa survive dengan semua nilai-nilai yang sudah ditanamkan? Let’s cekidot yoo..

Jawabannya adalah TIDAK. Bukan membawa, justru saya terbawa. Biasalah ya, umur-umur SMP – SMA itu adalah masanya pencarian jati diri. Ya, mungkin bisa disebut masanya labil. Maunya terlihat sama dengan yang lain. Maunya terlihat gaul, keren, dsb. Lingkungan mulai membentuk saya. Persegi, jajar genjang, segi tiga, lingkaran, semua jenis bentuk saya cobain. Ehehe, ngelantur. Pokoknya begitu ya. Takut banget kalo gak diterima ama temen sebaya. Jadi mencoba untuk ikut – ikutan apapun yang temen lakuin. Labil banget ! YES ! That was me ! -__-

Dan sekarang, Alhamdulillah saya masih cantik. #plaaakk pede parah ! (-.-“) Masih berhijab gitu maksudnya, ehehehe. Saya kan lagi mencari seonggok berlian nih (baca : nyari kerja), di sini juga ada aja halangannya. Beberapa Rumah Sakit besar menolak tenaga kerja yang berkerudung. Ya, alasannya sih katanya bahwa kerudung itu salah satu sumber infeksi nosokomial. WHAT??! Sembarangan ! Tapi Alhamdulillah masih banyak Rumah Sakit lain yang menerima tenaga kerja yang berhijab. Ya, saya sih yakin aja ama Allah SWT. Allah SWT udah nyiapin rejeki untuk masing-masing hamba-Nya. Dan rejeki itu gak bakal nyasar. Karena gak kayak Ayu Ting-Ting yang dikasih alamat palsu. Ahahaha, ngacoo..

Oke, yang pasti berhijab itu membawa berkah tersendiri. Taukah kamu? Sekarang itu lapisan ozon makin menipis, Alhamdulillah yah pake kerudung. Rambutnya jadi gak rusak, bisa di persembahkan untuk suami kelak, ihihihi.. Terus ya, kan baju kita panjang, jadi terhindar dari sinar matahari yang menyengat dan bisa menyebabkan kanker kulit. Ihh, naudzubillahi min zalik ya, ngeriii banget. Hmm, terus juga lebih dihargain, kalo di godain, sambil di do’ain. Alhamdulillah kan? Contoh : “Assalamu’alaikum..” ini aja udah doa kan? Apa lagi kalo di tambahin “Bu Haji mau kemana?” Amiiinn, ya Allah. Semoga aku bisa segera pergi naik haji. :)

Ya, begitulah kira-kira perjuangan saya sampai sekarang. Gak begitu jatuh bangun mungkin ya? Tapi sesungguhnya saya merasakan peperangan batin yang luar biasa. Lingkungan membuat saya ingin mencoba ini dan itu. Jujur ya, saya mau nonton konser. Saya mau keluyuran malam dan merasakan dunia malam, bukan clubbing, sekedar kongkow-kongkow di tempat yang ramai dikunjungi anak muda. Saya mau coba baju-baju lucu yang lagi trend, pake legging, pake skinny jeans, pake kerudung pendek, dan di model-modelin ini-itu. Bahkan saat teman lain memiliki seorang kekasih, tidak munafik saya pun menginginkannya.

Beruntung saya punya kedua orang tua yang begitu dekat dan begitu saya cintai. Sehingga selalu menjadi rem bagi saya. Saya tidak ingin mengecewakan mereka tentunya. Walaupun sesekali saya berbuat nakal di belakang mereka. Maaf ya, umi, abi. Ya, beginilah dilemma hijaber di dunia yang semakin hedon ini.

Alhamdulillah sekarang ini memakai hijab sudah tidak sesulit dulu, waktu jamannya Umi saya dan teman-temannya memperjuangkan hijab untuk digunakan di sekolah dan di kantor. Sekarang mau menggunakan hijab sudah dipermudah. Tidak ada larangan di sekolah negeri untuk muridnya yang ingin berhijab. Jenis hijab/jilbab/kerudung pun juga sudah beragam dan tidak mesti terlihat cupu ataupun gak gaooll. Tinggal terserah kamu mau jadi jilbaber sejati atau jadi jibsy alias jilbaber sexy. Ehehehe.

Tapi buat kamu yang masih pemula, berani mengambil keputusan untuk berhijab aja udah keren banget lohh. Tinggal lurusin niat aja. Jangan takut gak bisa istiqomah. Misalkan ada di hatimu pernyataan seperti ini :

“Aku takut nanti kalo udah pake hijab malah ngedadak labil, terus di lepas lagi. Kan malah jadi omongan orang” (eiiitss, niat yang baik pasti akan berbuah baik. Allah pasti bantu. Makanya abis pake hijab, bergaul ama orang-orang baik juga. Ikut pengajian. Jadi rohani nya senantiasa dapet makanan. Terus kalo mau nakal-nakal dikit jadi ada yang ingetin deh, ehehe ini curcol :p)

“Kalo aku pake hijab, trus aku jadi kayak yang kamu bilang gimana? Jibsy? Jilbab sexy?” (ahaha, saya malah nakut-nakutin kamu ya? Iya, kamu pokoknya jangan pake hijab cuma secara fisik, rohani juga. Hatinya di hijabin biar makin cantik. Sayang aja kan kalo liat perempuan berhijab tapi celanya ketat, trus bajunya pendek banget jadi pinggangnya keliatan, jilbabnya menerawang. Apalagi kalo kamu tau perjuangan perempuan-perempuan sebelum kamu untuk melegalkan jilbab. Mereka berjuang keras untuk kamu sekarang, masa gak kamu hargai? Gapapa bergaya, asalkan syar’i. ^_^)

“Panas gilaaaa…” (Hey, neraka lebih panas loh.. ehehehe..)

“Aku pacaran..” (Hmm, agak sulit untuk yang satu ini. Tapi dengan tegas saya katakan bahwa pacaran itu mendekati zina. Bahkan sudah zina hati. Bersentuhan? Allah SWT bisa murka. Mari mengaji ! Ehehehe..)

”Aku hijabin hatiku dulu kalo gitu ya. Baru kalo udah siap aku hijabin kepala aku.” (Siapa yang tau umur seseorang? Lebih baik tidak ditunda. Hijabin hatinya sambil jalan. Insha Allah kalau udah berhijab, hijabnya jadi rem. Mau nakal, eh malu ah ama hijab ! ;))

Dalam Q.S An-Nur : 31, Allah SWT berfirman :

“Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya…….”

Dalam Q.S Al-Ahzab : 32, Allah SWT berfirman :

“Wahai istri-istri Nabi ! Kamu tidak seperti perempuan-perempuan yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu melemah lembutkan suara dalam berbicara sehingga bangkit nafsu orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik.”

Nahloh, udah jelas lah ini mah ya ! Allah SWT yang memerintahkan. Jadi tunggu apa lagi. Mari menjadi orang yang lebih baik dengan berhijab. Kalo Allah SWT udah sayang ama kita, semua-semuanya juga dipermudah. Pasti !
Semoga bermanfaat !
:)

Wassalamu’alaikum wr.wb

~~~

Nah, begitu kisah antara saya dan hijab. Aehehehe. Ke depannya masih panjang, dan semoga kan jadi jauh lebih baik lagi..

Amiinnn...

Cups Cum--

6 comments:

  1. gatau kenapa kalo lo yg ngomong berasa bukan pujian tapi ceng-an..
    wkwkwkwkwk..
    amin saja lah yah.. alhamdulillah..
    :D

    ReplyDelete
  2. waw.... bagus sekali tulisannyah ,, smoga menang ;D

    ReplyDelete
  3. amin yah..
    tapi gada hadiah apa2..
    hahahaha..

    ReplyDelete
  4. hmmm.... kesentil nih mae akunya.. huuuuhh :)
    nais posting sist :)

    ReplyDelete
  5. ohh, kaka kesentil ama ini toh.. hahaha..
    sori mayori qaqa.. ;P

    ReplyDelete