Sunday, February 20, 2011

bidan

Bidan.. Yupp, bidan !

Bidan adalah hmm, oke stop ! Saya bukan bermaksud memberikan pengetahuan mengenai definisi bidan. Sudah cukup banyak web dan blog-blog yang menjelaskan tentang definisi bidan. Tidak percaya? Kamu bisa coba googling dengan key word definisi bidan.. Just try it ! :)

Jadi apa yang akan saya ceritakan kali ini? Kegalauan apa yang akan saya sebarkan ke banyak orang? Haha, memang sudah menjadi khas saya untuk mencurahkan kegalauan melalui blog.

Saya adalah mahasiswi kebidanan. Saya akan memasuki semester akhir. Dan bidan BUKANLAH IMPIAN SAYA !!! Ohmaigot, gimana mungkin saya kuat ngejalanin 5 semester kemarin? Sesuatu yang tidak saya suka? Yang bukan merupakan impian saya?


Bahkan terpikir untuk menjadi bidan pun tak pernah terbersit di kepala saya ketika saya masih SMA. Dan kuliah kebidanan? Sebelumnya saya gak pernah tau kalo ada kuliah kebidanan. Dulu saya pikir kebidanan adalah salah satu bagian dari kuliah kedokteran. Ya, emang gak sepenuhnya salah sih ya. Tapi kedokteran bidang kandungan itu kan program S2. Bukan S1 apalagi D3. Sedangkan akademi kebidanan adalah program D3 dan KHUSUS WANITA ! Saya sendiri baru tau saat salah seorang sahabat, sebut saja namanya Arni, dia bilang dia mau kuliah kebidanan karena mamanya dan kakaknya bekerja dibidang itu. Lucu rasanya mendengar Arni mau jadi bidan, karena dibenak saya pada saat itu adalah Bu Bidan, ya BU bidan. Profesi yang menurut saya ya cocoknya buat kalangan ibu-ibu, emak-emak. Dan hellooo, kita masih muda ! Banyak profesi yang lebih menarik, dibandingkan sekedar menjadi  IBU bidan.

Saya bercita-cita untuk menjadi seorang yang bekerja mengurus lingkungan. Entah apa namanya profesinya, hahaha. Berbagai Ujian Mandiri saya ikuti. UGM, UI, UIN…. Tapi hasilnya NOL. Keadaan emosi dan pikiran saya saat itu emang kurang bagus. Labil ! Ada sedikit problematika remaja yang sedang saya alami, caelaahh..hahaha. Pokoknya masalah itu cukup menyita perhatian dan konsentrasi saya untuk belajar. Ya, usaha yang kurang maksimal maka gak akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Akhirnya saya ikutan SPMB. IPB menjadi pilihan saya. 2 jurusan, kedua-duanya saya pilih dari universitas yang sama, IPB. Besar sekali harapan saya pada hasil SPMB, usaha saya emang kurang, saya berharap pada keberuntungan.

Menunggu pengumuman hasil SPMB dengan harap-harap cemas. Sementara sahabat saya si Arni gak ikut persaingan untuk mendapatkan kursi universitas negri sama sekali. PMDK, UM, SPMB, semua dia acuhkan. Seperti dirinya benar-benar fokus pada tujuan awalnya, yaitu kuliah kebidanan. Menunggu pengumuman hasil SPMB, saya luntang-lantung berminggu-minggu. Arni tiba-tiba minta ditemenin untuk ke RS Harapan Kita. Mau daftar ujian masuk kebidanan katanya. Oke, saya putuskan untuk menemaninya. Sebelum pergi, saya minta uang ama orang tua saya. Sambil nunggu pengumuman SPMB, boleh juga tuh ikut ujian masuk kebidanan. Ya, iseng aja.

Sampe RS Harkit, saya ikut mendaftarkan diri. Saya memilih 2 program studi. Kebidanan Cipto Mangunkusumo jadi pilihan pertama. Terus kebidanan Harapan Kita jadi pilihan kedua. Kedua kebidanan ini tergabung dalam Poltekkes Depkes Jakarta III. Ya, jatohnya ini kebidanan negri lah. Ujian dilaksanakan sebelum pengumuman SPMB. Mengerjakan soal ujian masuk kebidanan gak sesulit mengerjakan soal ujian UM, ataupun SPMB. Gak bermaksud sombong loh ya, tapi belajar saya tetep sama kayak pas saya ngerjain soal UM ama SPMB, gak pernah bisa konsentrasi !!!

Dan pengumuman itupun tiba. Bukaaaann, aelahh.. bukan pengumuman SPMB. Pengumuman Poltekkes Depkes Jakarta III. Saya males banget ke RS Harkit buat ngeliat pengumuman. Gimana gak, saya kan emang gak tertarik untuk kuliah disana. Lagian juga ribet deh, masa gak bisa liat pengumuman via online. Akhirnya saya nitip nama saya ke Arni.

Saya sedang tidur siang saat itu. Arni nelpon, dia bilang saya lulus masuk kebidanan cipto. Tidak ada kebahagiaan ketika mendengar kabar tersebut. Saya lebih memilih untuk melanjutkan tidur saya daripada harus berbahagia. Orang tua saya memang sudah mulai memacu saya untuk masuk kebidanan cipto sejak saya mendaftar. Tapi saya yakin, harapan itu masih ada. Harapan pada kelulusan ujian SPMB…

Abis lulus ujian tertulis kebidanan, saya masih harus ngejalanin tes kesehatan. Dan harapan itu masih menggebu2. Ya, harapan pada SPMB dan IPB nya sebagai pilihan saya. Lalu datanglah kabar itu, kabar yang amat mengguncang mental saya. SAYA GAGAL ! Saya gak lulus SPMB. Sedih, sakit banget rasanya. Tiap ada temen yang nelpon, saya gak sanggup ngomong kecuali isakan tangis. Saya nangis 1 malam 1 hari non-stop. Bengkak banget pastinya mata saya. Malam2 berikutnya, saya masih sering nangis, tapi gak se-dramatis awal-awal kabar itu menerpa saya. Palingan kadang-kadang aja kalo lagi keingetan.

Saya sempat mendapatkan tawaran untuk kuliah di universitas swasta. Bagi orang tua saya kenyamanan saya harus lebih diutamakan. Mereka tidak memaksakan saya untuk menjalani sesuatu yang tidak saya suka. Beberapa kali saya berpikir tentang beberapa universitas swasta yang bagus bagi saya. Tapi anggota keluarga yang lain seperti nenek saya, uwak, bibi, dan beberapa kerabat kayak tetangga, dan beberapa temen dari orangtua saya bilang kalo masuk kebidanan itu bagus banget. Mereka ngasih saya doktrin ini itu. Oke, saya putuskan untuk mencoba mencicipi dunia kebidanan, paling gak saya suka ama bayi lah.. -____-“

Dengan berat hati saya masuk kebidanan cipto mangunkusomo. Berat hati. Sangat berat. Semua impian rasanya lenyap. Hari-hari rasanya gelap. Ospek? Saya gak tertarik. Saya gak suka ! Masih ada aura kekecewaan saat itu. Saya benci keadaan ini ! menjadi mahasiswi kebidanan? Apa kata orang-orang? Haha, bener banget. Temen-temen SMA awalnya pada gak percaya saya masuk kebidanan. Soalnya kan saya gak pernah cerita kalo saya mau jadi bidan sebelumnya. Jadi pada shock, ada juga beberapa yang malang nge-cengin. Sial banget tuh emang yang nge-cengin.

Well, awal-awal emang berat banget. Tapi lama-lama pas udah terjun ke lapangan ternyata boleh juga. Lumayan lah. Tapi gak jarang saya ngerasa stress. Tugas yang banyak, tinggal di asrama, kesibukan, kuliah mpe sabtu, kuliah mpe sore, kesulitan-kesulitan saat belajar, yaa masih banyak lagi deh hal-hal yang suka bikin saya stress. Kalo lagi stress biasanya saya merenungi atau mungkin lebih tepatnya meratapi nasib kali yee..

Kenapa gue masuk sini? Kenapa gue gak belajar yang bener pas ujian mandiri universitas? Kenapa gue gak bisa kuliah kayak temen-temen lainnya? Kenapa temen-temen saya bisa kuliah yang NORMAL? Yang pake baju bebas, yang banyak cowo-cowo kerennya, yang kuliah Cuma 3 kali seminggu, yang UTS atau UASnya bisa take home, bla,,bla,,bla,,

Terlalu banyak bertanya pada takdir yang Dia berikan pada saya. Terlalu banyak mengeluh. Terlalu berlebihan dalam meratapi takdir. Hahaha. Tapi sungguh bahagia saya tidak sendiri. Saya punya temen-temen seangkatan yang selalu support.

Dan sekarang? Bisa kalian liat, saya bertahan sampai di tahap akhir. 5 semester saya lalui penuh dengan perjuangan, perjuangan melawan ego saya sendiri. Bahwa ada kedua orang tua saya yang sudah memberikan segala yang saya butuhkan. Kasih sayang, support, materi. Bahwa mereka ingin saya sukses. Bukan untuk mereka, tapi untuk saya sendiri. Saya masih di sini. Dan saya akan terus bertahan. Melawan penyesalan, melawan ego, melawan ketidaksukaan.

Bagi saya sekarang, yang penting lulus dulu dengan nilai yang baik. Entar mau jadi apa, itu urusan entar. Hehehe.

Kalo kamu berpikir, ngapain kuliah lama-lama 3taun, bayar mahal-mahal, tapi ilmunya gak di pake, gak di terrapin di masyarakat, buang-buang waktu, tenaga, pikiran ama uang aja dong 3taun ini?

Maka saya akan menjawab Engga kok ! Saya mau kok jadi bidan. Saya gak mau sia-siakan semua yang udah orang tua saya korbanin dan yang udah saya korbanin. Saya berkorban? Ya, saya berkorban perasaan, waktu bermain, impian yang sebelumnya.

Saya sudah terlanjur disini. Terlanjur kecebur, terlanjur basah. Dari pada masuk angin, mendingan berenang aja sekalian.Tapi saya tetep boleh dong kalo mau cari ilmu lain tanpa melupakan ilmu yang saya dapet 3 taun ini??!
Boleh dong boleh kan.. iya dong iya kan.. hahaha.. well, buat yang udah support selama ini, makasi ya..

Sekarang saya akan menjalani semester akhir yang amat berat. Tapi saya yakin pasti bisa. Kalo 5 semester kemaren aja bisa saya taklukin, masa semester akhir gak bisa. Wish me luck ya ! aaaarggh, stress sebenernya.. aduh, lagi jadi mahasiswa galau.. tapi harus motivasi diri sendiri.. Kuliah di sini adalah bagian dari skenario Allah SWT buat saya, jadi pasti akan ada kemudahan dalam setiap kesulitan. Jalani aja, karena semua akan indah pada waktunya. Yang penting lulus dulu !!! ;)




Cups Cum--

76 comments:

  1. Assalam,,

    Wah kakak kisahnya hampir mirip denganku..
    gimana sekarang ka?
    oh ya aku ini malah baru tahun ini masuk, semster 1.. yap berjuang dahulu itu intinya menjadi yang terbaik.. Semangat ^^//

    ReplyDelete
  2. wassalam..
    salam kenal yah..
    aku udah lulus, IPKnya juga gak jelek alhamdulillah.
    aku masih nganggur say. soalnya aku gak mau kerja di BPS.. ehehe, baca deh postingan saya ttg BPS..
    http://cumacumae.blogspot.com/2011/11/menggalau-karena-karier.html
    hehe, doain ya smoga segera dapet yang aku mau..
    ;)
    kamu, semangat !!!!! \^0^/

    ReplyDelete
  3. KaKak susah gag jadi bidan ???
    P gAK berat ya ngejalanin sesuatu hal bkn dr hati ??

    ReplyDelete
  4. hehe. aku sekarang udah lulus belum jadi bidan..
    aku mengalami kegalauan dalma bekerja.. hahaha..
    baca postingan2 aku deh, passion aku lebih ke kerja kantoran sebenernya..
    kamu anak akbid? semester brapa? kalo bisa diomongin ama ortu dari hati ke hati lebih baik kamu lakuin yang kamu suka, daripada buang waktu percuma dan gak ikhlas..
    tapi kalo kamu mau lebih bijak, jadi bidan itu gak buruk, banyak sisi positif yang bisa kamu ambil.. byk bidan2 yang udah sukses, jadikan beliau2 itu motivasi..
    hehe.. semangat ! ^__^

    ReplyDelete
  5. ternyata aq g sendiri, pengalaman mbak sama persis seperti apa yang aq alami, bedanya cm aQ lulus snmptn di ITS, tp berhubung ortu berat dan lebih mendukungq kul di D3keperawatan poltekkes jadinya aQ ngalah.. dah lulus nopember th kemaren sempat kerja 2x di klinik n rs smpe 4 bln tapi akhirnya aQ resign krn gak ada pasion sm sekali,. dan kemarin malah sempat daftar TKI ke korea hehehe, salam kenal

    ReplyDelete
  6. heyy.. kamu mau ke korea? wah, salam ya buat Lee Min Ho.. Hohohoho..
    semuanya pasti ada hikmahnya ya.. at least kita sebagai cewe yang nantinya jadi ibu udah bisa gendong baby dengn benar, mandiin baby, tau kalo baby sakit, dll.. hihi..
    semangat yaa.. ;)

    ReplyDelete
  7. salam kenal mbak, sya jga lulusan bidan mbak... tpi d daerah saya sangat susah mencari kerja mbak.. klo gak ada orang yang kenal susah masuk kerja mbak, mbak skrg uda bekerja mbak? sya jdi stres jga gni mbak... mohon pengalaman nya mbak, cpa tau sya dapat pencerahan gtu.. makasih sblmnya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat ya, kalo km mau tetep jadi bidan dan membantu masyarakat, jadi relawan dulu aja di puskes ato klinik, bantu2 dulu sambil cari link untuk kerja..

      tapi, kalo orientasi kamu kerja adalah untuk berpenghasilan, well sorry to say tapi kamu harus realistis, gabisa idealis lagi. Cari pekerjaan lain selain bidan.. :)

      Delete
  8. Aku baru tahun ini mau masuk kebidanan poltekkes 3,sekarang2 malah lg galau,takut ga bisa ngejalaninnya-_-" seb enernya susah banget gak sih kuliah kebidanan? Trs di asrama itu nyiksa gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya emang gitu sih. Kalo aku ngejalaninnya enjoy. Tmn2 asrama itu kyk keluarga. Seru banget pokoknya. Sampe sekarang kita keep contact dan kalo cerita ttg masa lalu di asrama wah, malah jadi kangen pengen bareng2 kyk dulu lagi, hehe.. Aku kebetulan suka anak kecil jadi ya justru seneng kalo lagi praktek, pas teori sih rada boring, tapi masih bisa dijalanin kok.. :)

      Delete
  9. oh iya,kaka dlu kan di poltek 3 jga ya,disana MOSnya gmana sih? Trs brapa hari? Nyari kerjanya susah emang?hehehe maaf ya banyak nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. MOSnya biasa aja kok. Lebih simpel dibanding univ lainnya malah. Sekitar 1-2 minggu..

      Nyari kerjanya gak susah sebenernya. Apalahi kalo kamu kuliah di kampus yang namanya bagus kyk poltek 3, hehe.. byk senior2 yang mempermudah in shaa Allah. Kalo aku kan emang dasar gak pengen juga ya, jadi setengah2 gitu nyari kerjanya.. :p

      Delete
  10. assalamualaikum, mbak. Aku mau tanya..

    setelah lulus dari poltekes terutama yg jurusan kebidanan susah tidak untuk bekerja di rumah sakit?
    soalnya kata temenku rumah sakit jarang yg ngebutuhin bidan, lalu kata postingan mbak diatas bilang kalo rumah sakit butuhinnya yg berpengalaman, jadi kalo yg fresh graduated tdk bisa, mbak?

    satu lagi, mbak. diasrama itu satu kamar isinya berapa orang ya?
    lalu apa benar disana tidak boleh membawa handphone?

    terima kasih, mbak :)

    ReplyDelete
  11. waalaikumsalam..

    kalo ada link senior sih biasanya lebih mudah utk kerja di RS,atau pernah dinas di RS tsb sebelumnya.. RS tetep butuh fresh graduate kok..

    asrama ya satu angkatan.. sekamar 4 orang.. bbrp juga barak jadi numplek jd satu.. hehe.. boleh bawa handphone kok.. :)

    ReplyDelete
  12. wah kisahnya sama kaya saya kak.hhe sekarang saya masih semester 2.
    salam kenal kak :)

    ReplyDelete
  13. Wah ceritanya sama kak, sekarang saya juga masih kuliah di kebidanan smt 4 , skrng masih praktek malah. Rasanya berat banget harus ngejalanin apa yg ga dari hati, apalagi waktu praktek jauh dr rumah dengan seabreg tugas. Bikin stress, dan rasanya pengen banget saya keluar aja. Tapi gimana sama orang tua saya ?? Mereka pasti bakal kecewa dan sedih banget. Mohon pencerahannya ya kakak. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah semester 4 udah tanggung sayaaang... ibarat udah kecebur, yaudah sekalian berenang aja.. cari yg kamu suka. kalo aku kebetulan suka bayi, jadi gak terlalu terbebani dan malah lebih suka praktek drpd materi, hehe.. ntar pas lulus, langsung lanjut s1 klo ada rejeki ya sayang.. aku telat nih, skrg aku lagi ambil s1 SKM di UI, hehe..

      Delete
  14. kak aku sekarang masuk poltekkes 3 dan sbnernya sama kaya kakak terpaksa bahkan smpai skrg masih ngarep bgt bisa jd dokter tp ortu udh ga ngedukung karna setahun lalu sempet jd alumni buat ikutan spmb dan ujian mandiri lainnya tp alhasil semuanya belum berhasil...
    kak kalau bidan yg baru lulus prakteknya digaji ga kak?trs kira2 gaji bidan itu brp ya?makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. digaji sih pasti, tapi jumlahnya memang gak besar. bidan lebih ke pekerja sosial soalnya bukan pekerjaan komersil say.. btw, tmnku yg jd dokter jg gitu. baru lulus jaga klinik orang dan gajinya gak seberapa.. semua butuh proses sih kalo untuk urusan salary, hoho.. yg jadi masalah, apakan mental kita cukup kuat untuk digaji kecil? apa jiwa sosial kita cukup besar? gitu say.. semangat ^^

      Delete
  15. ka , mau nanya ? masuk akbid itu susah gak sih .
    soalnya aku dari jurusan IPS ka , tapi pengen kuliah akbid .

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow.. nice..
      tergantung sih say.. aku akbid negeri dan banyak temen2 dari IPS juga kok.. just try first.. ;)

      Delete
  16. whaha ada teman sepengalaman :D
    skarang kerja dimana sist ? masih tetap diprofesikah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku skrg lanjut kuliah s1 ekstensi di ui sissst.. hihi.. kmrn sempet kerja di asuransi tapi hehe.. :p

      Delete
  17. hmp emang kaka akbid mana ? kaka SMA nya ipa kan ? tinggi badannya paling kecil berapa ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebidanan cipto mangunkusumo di poltekkes kemenkes jakarta 3.. iya aku ipa tinggi badan min. 150, klo aku 153.. huhu

      Delete
    2. Kak, salam kenal. Aku lagi bingung pilih jurusan untuk alih jenjang nih.dari pengalaman kaka. Klo menurut kaka mending d4 kebidanan atau s1 kebidanan klo ke s1 skm menurut kaka se linier ga?
      Trus bener ga sih ka poltekkes cipto ada jurusan untuk s1 kebidanannya?

      Delete
  18. Aku kan anak ips ka . Bisa daftar di akbid cipto gak ' dan secara biaya lebih mahalan akbid negri atau swasta .

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja kok.. biaya sama aja sih kyknya.. total awal masuk hampir sekitar 20jutaan.. itu jaman saya loh yah, hehe.. kalo sekarang saya kurang tau juga..

      Delete
  19. seriusan ka anak IPS bisa daftar di poltekkes jakarta 3 ? emang kaka lulusan tahun berapa ? oiya ka boleh minta pin BB gak buat nanya-nanya soal kebidanan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku udah lam hehe, 2011..
      soal kebidanan jg udah lupa, kyknya hampir sama kyk snmptn deh..

      Delete
  20. tapi ka secara soal lebih susahan snmptn kan ? selama kuliah tinggal di asrama ka ? terus kaka sempet punya temen di SMA nya IPS tapi dia masuk kebidanan gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya susahan snmptn,, tmn SMA aku adanya anak IPS masuk keperawatan.. hehe mirip2 lah yah...

      Delete
  21. Replies
    1. kebidanan aku say. poltekkes kemenkes jakarta III :)

      Delete
  22. Kak, mau nanya dong, kira2 ssdah kuliah bsa lsg bka prktek gak ya?
    Btw, cntumin fb kaka dong kak,, nnti aku add kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa sayang.. harus kerja di institusi lain dulu misal rs/klinik/bps selama 2-3 taun trus ikut tes ijin buka praktek..
      wah maapin aku gapunya fb, udah 2 taun deaktif account.. huhuhu

      Delete
  23. ka aku minta pin BB dong .
    mau nanya tentang kebidanan ama kakak ?

    ReplyDelete
  24. ka aku minta pin BB dong .
    mau nanya tentang kebidanan ama kakak ?

    ReplyDelete
  25. ka akademi kebidanan sama poltekkes lebih mahal mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. akademi kebidanan swasta lebih mahal.. poltekkes kan dapet dana dari kemenkes juga.. kalo akbid swasta biayanya murah, ya liat lagi gimana sarananya, kualitasnya, hehe

      Delete
  26. kalo kata kaka mendingan akbid gatot atau akbid islam ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slamat malam kak..
      Aku malah pengen banget jadi bidan tapi takut ga bisa masuk poltekes cuma gara² kemampuan materi oramg tua kurang. Seandainya aku bener² minat masuk poltekes kira² tingkat kesulitan nya itu gimana kak? Apa sulit bgt masuk poltekes itu? Apalagi kalau yg ikatan dinas..

      Delete
    2. aku telat banget ya jawabnya -__-v
      maapin ya, huhu.. gak sesulit itu kok. lebih susah sbmptn kok ;)

      Delete
  27. Assalamualaikum ka, ka boleh minta contoh soaltes tertulis akademi kebidanannya gak ka ? Aku baru mau tes. Mksh ka sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapunya, udah lama bgt soalnya.. pokoknya soal2 kyk sbnmptn gitu jg kok..

      Delete
  28. Kak mohon infonya poltekkes jkrta 3 dan cipto ada jalur ekstensinya ngak kak, trus kapan ya waktu pembukaan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ekstensi? gada.. kan d3.. kalo ekstensi ke s1 kan? coba ke ui aja..

      Delete
  29. Assalamualaikum ka, aku mau nanya nih tahun ini aku kan baru masuk d4 kebidanan poltekkes jakarta 3 nah itu masuknya ke kebidanan cipto atau harapan kita yaa? Oiya wktu itu kka asramanya yg dipulomas bukan? seru ga sih ka kuliah kebidanan itu? Hhe Makasii ka sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cipto. kalo d4 setau aku gak asrama ya, tp gatau deh klo kebijakan sekarang gimana.. seru sih kan seputa wanita dan bayi, hehe

      Delete
  30. Assalamualaikum kak, mau nanya dong. Itu kakak lulusan D3 ya? Terus lanjut S1 di SKM UI. Nah itu tes nya sama gak sih kak sama yang kayak lulusan SMA gitu? Saingangnya gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda. gak bareng ama reguler tesnya. ada tes khusus ekstensi.. ;)

      Delete
  31. ka test ekstensi di ui soalnya umum gtu ka? kya mtk.ipa? aku.pgn cb ke skm nih ka kbtulan aku jg dr akbid hehee udh lulus d3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kayak snmptn gitu. tapi gada ipa. cuma mtk, english, bahasa, psikotest.. good luck :)

      Delete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Kak aku mahasiswa smt 1 pkj 3 kebidanan. Saya jujur gabetah kak karna dari awal saya gamau dan gak berkeinginan bahkan gapernah kefikiran. Tapi saya bete kaka saya sll mikirin jadi bidan itu blablabla. Padahal pas nti kerja sama aja bingung bingung juga. Menurut kaka aku hrs gimana kak? Aku mau pindah kampus kak:'( gabetah ngejalanin semuanya:j

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuuww, semua ada masanya. semester 1 masih adaptasi kali ya. tapi kalo emang mau keluar mending keluar dari awal biar gak terlanjur hehe.. harus bisa mengambil sikap :)

      Delete
  34. wah sangat menarik sekali ...

    https://indoceme.blogspot.com/

    ReplyDelete
  35. Sama bngt sama crita hidup saya cuman bedanya saya msih pengennya kuliah kesehatan tp bkn bidan dulu yg saya inginkan hehe,, beratt memng menjalani sesuatu yg bkn dri hati :(huaa saya malah msih smt 1 nih, semoga bsa menerjang perasaan kaya ka2 hehe atau mungkin wishnya thn ini bisa pindah ke dunia kesehatan seberang. Berserah aja tuhan dah buat skenario terbaik buat hidup msing2 orng. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah baru baca, hehe.. semangaaatt terus.. pokoknya rencana Tuhan yang terbaik :)

      Delete
  36. Sama bngt sama crita hidup saya cuman bedanya saya msih pengennya kuliah kesehatan tp bkn bidan dulu yg saya inginkan hehe,, beratt memng menjalani sesuatu yg bkn dri hati :(huaa saya malah msih smt 1 nih, semoga bsa menerjang perasaan kaya ka2 hehe atau mungkin wishnya thn ini bisa pindah ke dunia kesehatan seberang. Berserah aja tuhan dah buat skenario terbaik buat hidup msing2 orng. :)

    ReplyDelete
  37. Kak biayanya 20 juta masuk poltekkes 3 jakarta? Itu termasuk biaya apa aja? Oh iya kak SKM UI itu apa ya? Biaya kuliah ektensi ui itu mahal ga?
    makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. fkm ui. fakultas kesehatan masayarakat ui. 9,5juta/semester lama perkuliahan 6 semester. ini info per taun 2016 ya, gatau kalo ada perubahan tarif apa gak :)

      Delete
  38. D3 rekam medis bisa lanjut d4 kebidanan gk sih mbk ? Aku pngen jdi bidan , tapi orang tua pngen nyuruh rekam medis yg cpet gampang PNS nya , dijawab ya kak Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak bisa ya tampaknya karena jauh sekali pelajarannya :')

      Delete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Assalamu'alaikum kak, aku mau tanya tentang program ekstensi s1 di ui, untuk d3 setelah lulus boleh langsung daftar kesana atau harus kerja dulu kak? Terus masuk sana susah ya kak? :( oiya kalo nerusin d3 ke s1 berapa semester kak? Maaf ya kak banyak bgt pertanyaannyaa... mohon infonya ya kakk, terimakasihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak saya juga mau nanya ini jg, sy d3 gizi nih mau lanjut s1 ui kak kira kira jdwalnya bisa smbilang kerja ga ya kak? Jdwal kerja balik sore jam 4 gitu. Mohon infonya kak. Makasiiih kak.

      Delete
    2. halo rosa.. wa'alaikumussalam.. bisa langsung daftar kok.. saingannya cukup banyak tapi gak sebanyak ketika kamu sbmptn pas abis sma hehe jadi kemungkinan diterima lebih besar, imo.. 6 semester say utk ekstensi di ui :)

      iya kristiani kalo balik jam 4 mgkin akan sering dtg telat ya :') tapi jadwal kuliahnya gak selalu mulai jam 4 jadi gkin bisa disiasati dengan jam kerjanya.. temenku banyak yang sambil kerja di rs kok :)

      Delete
  41. Farah zhafirah syarafinaJanuary 13, 2018 at 1:09 AM

    Assalamualaikum, kak mau tanya.
    Tahun ini aku ada rencana daftar kebidanan di poltekkes 3 jakarta, nah aku mau tanya kita bisa langsung ambil D IV + profesi gak sih? Atau harus ambil yg D III dulu baru selesai lulus ambil D IV? Tapi aku baca blog sebelah dia sekolah di poltekkes 2 jakarta jurusan ahli gizi, kata dia bisa langsung daftar yg D IV tanpa harus daftar D III. Apakah lulusan SMA IPA di poltekkes 3 jakarta boleh langsung ambil D IV?
    Terima kasih(;
    Maaf yaa malem2 soalnya insomnia sekalian caricari info:")) hehe

    ReplyDelete
  42. ka saya juga sama kaya kaka, saya dari akbid yg sm dgn kk, sudah semester 3, saya selalu terbayang rasa penyesalan saya tidak mengambil snmptn fak.ekonomi di univ jakarta yg tdk perlu sy sebutkan namanya.. hm, saya selalu merasa menyesal kak, membuat saya galau dan kadang putus asa untuk melewati semester2 selanjutnya.. selama dinas smakin lama sy semakin menyadari kalau basic saya bkn di kesehatan.. saya mau keluar, tapi balik lg dgn org tua yg sudah membiayai dan sangat mengharapkan sy masuk institusi ini dr dulu.. saya dilema tntang masa depan saya, perasaan org tua saya, dan karir saya :( doakan saya tetap kuat disini ya ka.

    ReplyDelete
  43. Kak kuliah ektensi jadwal nya kapan aja dan dari jam berapa sampai jam berapa?

    ReplyDelete