Monday, October 31, 2011

Bookstore?

Muncul pertanyaan di kepala gue..

Kalo ke Bookstore, kira-kira lo bakal nge-langkah ke bagian mana?
Buku jenis apa yang pasti lo datengin, trus lo ambil beberapa buat lo beli?

Gue pribadi, gue bakal jawab NOVEL !

Walopun gue awal niat ke Bookstore buat nyari buku referensi tugas akhir misalnya, gue pasti tetep bakal mampir ke bagian novel dan betah di situ. Gak tau kenapa. Gue pasti muter2 ke segala penjuru, politik, social, budaya, pemograman, bahasa, komik, bisnis, agama. Tapi gue paling betah di bagian novel.


Nah, pas balik dari KCD kan gue mampir ke Gramed tuh. Gue langsung menuju rak buku-buku baru ama best seller. Baca synopsis di bagian belakang buku, tertarik, liat harga, ambil ! Ampe gak sadar gue megang 5 novel. Dan harga novel itu lumayan ya. Ada yang tipis 25.000 tapi yang tebel ampe 58.000. Dari 5 novel kalo dihitung2 ampe 200ribuan lebih. Wow, masa baru di kasih uang bulanan langsung tipis aja kan dompet gue? Apalagi gue pengangguran untuk SEMENTARA ini. Hiks, jadilah gue naro novel 1, seharga 40ribuan.

4 novel, dan itu semua ceritanya cerita umum. Bukan novel Islami. Teringatlah gue ama si umi di rumah. Waduh, bisa kena omel nih gue kalo ngabisin duit buat novel bukan buat buku yang manfaat. Akhirnya gue nge-tweet minta referensi buku bagus. Paling gak, walopun gue beli novel banyak, tapi tetep ada buku yang bermutunya. Maka the one and only yang nge-reply cuma Maraya Putri. Dia rekomendasiin Notes From Qatar.

Dengan minta tolong mas2, akhirnya gue nemu deh tuh buku. Gue baca sampul belakangnya, ada secuil biografi tentang penulisnya Muhammad Assad yang keren banget di usianya yang masih muda. Terus ada komentar2 dari public figure dan semua bilang bagus, malah Olla Ramlan bilang dia ampe nangis. Maka gue FIX ambil tuh buku !!!

Tiba-tiba gue mikir, kenapa gue selalu lebih suka baca buku fiksi daripada non-fiksi? Masa iya gak ada buku-buku non fiksi yang kepengen gue baca? Dulu gue suka baca buku agama yang bahasan dan bahasanya remaja banget dan gak kaku. Tapi sekarang, gue kayak gak punya referensi untuk itu. Terus mungkin beberapa orang akan asik ke jenis buku yang sesuai dengan bidang kuliah mereka. Kalo gue? Yah, lo bisa jawab lah ya. You know me so well lah yah.. Atau mungkin asik ke jenis buku yang sesuai ama hobi mereka. Design, pemograman, IT, otomotif, music, dll. Gue? Gue gak punya hobi khusus.

Lalu bertemulah saya dengan buku berjudul “SELAGI MASIH MUDA” terus gue baca daftar isinya. Kayaknya lumayan bagus buat perbaikan pribadi gue. Gue ambil juga deh. Terus gue menuju jenis komik. Udah lama gak beli komik. Nemu KOBOCHAN, asiiiiikkk.. Koplak banget tuh komik ! Bisa ngakak-ngakak gue pasti bacanya. Tapi kok tipis banget ya, beda dari dulu. Terus pas gue liat harganya, APPAH??! Komik se-tipis ini 15ribu??! Oh-NO ! gak jadi gue ambil deh tuh komik.

Menuju kasir, gue itung-itung sendiri dulu. Yahhh, ampunn.. Kenapa malah melejit jadi 300ribuan? Plissss, ini awal bulan, dan uang bulanan gue gak sbesar saat gue kuliah dulu, dan gue belom dapet gaji karena gue emang belom kerja.. Maka mulailah gue menimbang-nimbang buku mana yang harus gue balikin ke raknya. Dan keputusan gue, gue maksimal belanja 200ribu ! Karena jarang beli buku non fiksi, maka 2 buku non-fiksi gue pertahanin walopun dua2nya itu yang sebenernya bikin mahal. Lalu saatnya menimbang-nimbang novel mana yang gue ambil. Akhirnya 3 novel gue balikin ke rak. Cuma 1 novel yang gue ambil.

Sampe rumah, mandi lalu baca NOTES FROM QATAR. So inspiring loh ! Gue rekomendasiin buat kalian2 pemuda yang mau maju. Semoga bukan hanya terinspirasi tapi bener2 bergerak melakukan perubahan. Gue selesain baca malam itu juga. Soalnya gue selalu penasaran dari halaman ke halamannya. Jadi gamau tutup buku sebelum selesai.

Begitu ceritanya..


Cups Cum--

4 comments:

  1. abis si cepi yoo..
    skrg ada di cepi.. dan dia langsung on fire loh baca ituh..
    ;)

    ReplyDelete
  2. Ooooouw yeaaah! Kalo saya sih ke bagian komik dulu, baru novel. :D
    Kalo di rak komik belum muncul yang baru, saya ke novel. Nyari2, ada novel fantasi apa aja, atau novel thriller-crime apa yang ada... Fufufu.. :D

    ReplyDelete
  3. ihh.. keren banget bacaannya..
    hahaha, btw baca komik kobochan ga?
    ;D

    ReplyDelete