Friday, February 17, 2012

-Tanpa Mak Ning-

Wow, ini cerita udah lama banget sebenernya..
Gue lupa tepatnya tanggal berapa, tapi kalo gak salah tanggal 31/01/2012

Gue masih kerja di LSM. HP Android gue, gue service karena suatu hal yang penting kalo gue ceritain. Alhasil gue balik make si LG + Samsung Hybrid gue tentunya. Hahahaaseeek, sok orang sibuk banget kan gue megang 2 hape..
Dan hari itu LG gue mati gara2 batrenya abis.
Gue gak tau kalo ternyata umi nelponin gue sama sms-in gue.

Pas gue pulang, gue ketemu Mak Ning.
Siapa Mak Ning?
Mak Ning adalah tetangga gue yang udah 8 taun kerja di rumah gue.
Kebetulan ade gue pas jemput gue bilang kalo Mba Ning, anaknya Mak Ning yang lagi hamil, ketubannya udah pecah.

Jadi pas ketemu Mak Ning, gue dengan ceria bertanya, “Gimana? Udah pembukaan berapa?” dan ternyata Mak Ning bilang, “Udah lahir barusan kok..”

Setelah nanya A-Z mengenai proses persalinan dan sedikit ngasih konseling, akhirnya gue masuk ke rumah. Gue bilang ke umi kalo Mba Ning udah melahirkan, anaknya cowo, beratnya 3,8 kilo, panjang 50cm, blablabla.. Abis gue cerita, gantian umi yang ngomong. Apa yang umi beritakan ke aku dan adik2ku???!

Yak !!!
Mak Ning berenti kerja karena mau ngurusin cucu-nya.
Jadi umi minta kerja sama dari seluruh anggota keluarga untuk mulai bagi-bagi tugas rumah tangga mulai dari saat itu. Gue sih oke-oke aja. Tapi ternyata kenyataannya adalah kedua orang adek gue lagi persiapan UN. Jadi mereka sibuk banget belajar. Masuk sekolah lebih pagi, berangkat jam 6 karena ada jam nol untuk tambahan materi blablabla. Pulang sekolah, pada ada bimbel ato gak les bahasa Inggris, kalo Taslim kadang suka futsal dulu juga. Alhasil minimal Maghrib mereka baru sampe rumah, malah kadang ampe bada Isya.

Sampe rumah, pada ngerjain tugas. Kalo Taslim kadang liqo ampe maleeeemm banget, soalnya kalo Utie liqo-nya weekend. Tugasnya juga pada bejibun. Apalagi Alhamdulillah menjelang UN mereka jadi rajin ibadah. Tilawah, tahajud, ya yang kayak gitu deh, semoga istiqomah ya adik-adikku, sukses buat kalian. Kaka selalu doain yang baik-baik untuk kalian..
Ouuuww, co cuwiittt..

Well, karena mereka super duper sibuk, jadilah gue ama nyokap gue yang kelabakan. Tiap subuh kita udah mulai rempong. Umi masak, gue nyuci piring. Gue beresin kamar2, umi nyapu ama ngepel. Belom lagi kalo waktunya nyuci baju. Huuaaahh, gue ama umi fix kerja tim cuma berduaan karena gak tega gangguin adek2 gue yang udah cukup cape dengan kegiatan mereka. Begitupun abi, gue ama abi gak bisa ngandelin abi karena abi juga udah cape..

Mulai dari subuh ampe jam 8 kurang, semua harus udah beres. Biasanya gue jam 7 udah mandi dulu sementara umi masih ngepel. Trus pas gue udah rapih, gentian umi yang mandi, gue ngejemurin cucian blablabla, abis itu umi nganterin gue ke kantor, trus dia cuss ke TK-nya.

Begitu teruuusss..
Pulang kerja masak lagi, nyuci piring lagi, nyapu lagi..
Sebenernya semua masih bisa kita handle berdua..
Sampai pada saat gue ama umi ngeliat tumpukan setrikaan seminggu !
Omooo !
Gimana nih? Gue paling males nyetrika, ASELI !!!

Dan weekend pun gue terpaksa nyetrika sedikit demi sedikit. Dan metode pas gue tinggal di dormitory alias asrama terpaksa gue terapkan di keluarga ini !
Oke, gue bukan nge-LAUNDRY ! bukan woy ! Walopun umi sempet kepikiran untuk nge-laundry tapi kita takut nyucinya gak bersih kalo tempat laundry kiloan itu. Padahal dulu gue di dorm atogak pas lagi ngekost selalu pake jasa laundry. Hahaha.

Tapi awal di dorm, pas gue belom tau kalo ada tempat laundry deket kampus, gue nyuci sendiri loh, walopun males-malesan, walopun ditumpuk2 dulu, hehe. Dan nyetrika?? Hanya baju seragam dan baju pas mau pergi. Baju sehari-hari gak gue setrika ! dan itulah yang gue terapkan di rumah gue. Terutama baju-baju lengan pendek dan celana gue, Utie dan umi. Itu pakaian dalem rumah, jadi gak usah di setrika lah ! Hahahaha, dilipetin aja. Biar kata lecek juga gak ada yang ngeliat kok, kan kalo ke warung ato keluar rumah kita ganti baju ! atogak pake jaket, jadi gada yang tau kalo itu bajunya leceeeeekkk kusyuuuuuttt, hihihi..

Tapi khusus baju abi ama Taslim, walopun baju sehari-hari tetep disetrika ‘asal-asalan’ karena kalo cowo kan gada baju khusus rumah. Kasian kalo ngobrol ama tetangga, ato solat ke masjid bajunya lecek. Demi nama baik keluarga, gue setrikain kecuali kaos dale mama boxer ama celana2 sebawah lutut gitu. Hahaha, tetep ada kecuali-nya yaaa..
ivanjaya.net

Ya, selek-selek dikit antar keluarga pasti pernah kejadian. Misal pas gue lagi cape banget, gue minta tolong Utie bantuin nyuci piring, tapi dia gak mau. Mulailah gue marah-marah, hehe.. Ato mungkin antara gue ama umi. Karena gue gak mau kerja yang menurut gue agak menjijikan kyk nyikatin kamar mandi !

Iyuuucckkss, em sori gud bay deh yee.. Alhasil umi yang ngerjain tuh kerjaan sampil lalalili alias nyeramahin gue ini itu. Bahwasanya gue gak boleh pilih-pilih kerjaan. Bahwasanya gue harus mulai latihan ngerjain yang kotor-kotor dan gak boleh jijik. Bahwasanya blablabla dan blablabla..

Betewe, tadi gue nyikatin tempat nyuci piring lohhhh.. Tapi pake handscoen alias sarung tangan ! Hahaha, ada untungnya gue masih punya handscoend se-box !
ivanjaya.net

Dan insyaallah dalam waktu dekat ini rumah gue mau di renovasi. Dan bisa dijamin kerjaan bersih-bersih tambah berat. Dan tentunya senaaaaanggg sekali pada saat mendengar umi bilang,

“Aduh, umi udah cape nih.. Ntar panggil Mak Lulu deh suruh kerja disini gantiin Mak Ning..”

Wowowooowww, do it mom ! Please do it sooner !
Hahahaha
Dan selamat ya Mak Ning atas kelahiran cucu-nya, semoga sehat teruuusss..
Makasih untuk 8 taun ini udah bantu2in kami..
ivanjaya.net


Cups Cum--

2 comments:

  1. wkwkkwkkwkwk yahhhhhhhhhhh blakang2nya tetep aje ada mak2 yang laen yehhh,, agagagaggag

    ReplyDelete
  2. gajadi.. makning kembali beybeeehhh..
    *joget-joget*
    :D

    ReplyDelete