Saturday, September 10, 2011

Bau Amis Udang

Lo pernah ngupasin kulit udang? Gue sebenernya gak yakin untuk menyebut ‘kulit’ udang. Emang udang punya kulit? Yaaa, sepele lah ya ! Apapun itu namanya, cangkang-kulit-sisik atau bulu? Hahaha, gak peduli lah ya ama namanya. Pokoknya yang penting lo ngerti kan maksud gue?

Nah, udang itu baunya naudzubillah kalo menurut gue. Agak lebay sih. Sebenernya gak bau-bau amat. Amis. Tapi berbeda ama amisnya ikan, udang bau amisnya bisa 3-5x lipat. Masa? Iya lo h beneran. Gue pernah ngupasin ‘kulit’ udang (masih gak yakin ama istilah ‘kulit’ untuk udang, hehe) dan gue cuci tangan ampe berkali-kali pake sabun, mulai sabun cuci piring yang wangi jeruk nipis itu, sampe sabun mandi cair yang wangi rose itu, ampe gue gosok-gosok tangan gue, itu tetaplah bau AMIS !

Maka guepun menyerah dan gue pasrah dengan bau amis di tangan gue itu sambil berharap bau itu akan hilang seiring dengan berjalannya waktu.. #tsaaaahhh..

Selain bau, ngupas ‘kulit’ udang itu juga ada tantangannya dan sedikit berbahaya loh. Kenapa? Karena udang itu ‘kulit’nya ada bagian deket moncongnya yang tajem. Jadi kalo gak hati-hati bisa ketusuk ato gak kebeset gitu kulit mulus lo. Ya, untuk yang kulitnya mulus kayak gue aja yang harus agak waspada. Wuahahaha..mulusss??? preeett….

Well, alhasil karena pengalaman-pengalaman sebelumnya dalam mengupas ‘kulit’ udang ini agak sedikit buruk, jadinya kali ini pas disuruh ngupas ‘kulit’ udang lagi, gue gak mau jatuh terjerumus di lubang kesalahan yang sama, uwooowooo.. Dan secara kebetulan gue punya se-pack handscoen alias sarung tangan ‘sisaan’ selama gue dines di RS, Puskes, Klinik, akhirnya gue putuskan untuk mengupas ‘kulit’ udang pake tuh handscoen. Haha, lebay ye gue.. Mau ngupas ‘kulit’ udang aja udah kayak mau nolong lahiran aja, ato kayak lagi nge-belek pasien di ruang operasi.

Tapi ya gitu deh, daripada tangan gue yang mulus ini jadi bau amis dan ketusuk-tusuk kan? Hehe..

Oh ya, tapi sejujurnya, tangan gue emang terselamatkan dari bau amis busuk itu, tapi tetep aja bagian tajem dari udang itu nusuk-nusuk tangan gue. Ternyata handscoennya bisa di tembus ama tuh tajem-tajem. Hiks !

Oh ya, ada fenomena aneh juga yang terjadi loh. Masa selama proses pengelupasan ‘kulit’ udang itu. Masa handscoen gue jadi merah ke-oren-orenan gitu. Apakah terdapat suatu zat di dalam tubuh seekor udang yang bisa mengubah warna? Atau terjadi perubahan pH sehingga merubah warna handscoen? Atau jangan-jangan nyokap gue beli udang gede-gede tapi murah yang merupakan udang selundupan yang sudah terjangkit penyakit? Hahahaha, too much ! Berlebihan maksud gue !

Well, apapun itu, yasudahlah ya.. yang penting pas udah di masak, mateng, dimakan enaaaaakkk ! :9

Eh, eh, tapi gue setelah ngupas ‘kulit’ udang pake handscoen, gue nonton Master Chef. Dan di situ lagi episodenya si Chef Agus ama si Chef Juna. Trus Chef Juna bilang kalo ada tips and trick untuk mengatasi bau amis pada tangan. Nih gue share lagi nih ke elo, kalo elo baca sih ini juga (hopeless ada yang minat baca blog cupu gue ini, saya menyebutnya #TRAGIS hahahha)

Ah, banyak cing-cong ! Langsung aja !

“Gunakan sabun untuk mencuci tangan seperti biasa. Lalu cuci tangan ulang setelahnya menggunakan pasta gigi a.k.a ODOL !”

That’s simple right?
Jadi kamu gak usah takut-takut lagi bau amis kayak akyuu.. Hehe.. Selamat mencoba yaa..
(^____^)//



Cups Cum

2 comments: