Friday, December 11, 2015

Interview Koplak

Ini gue tadi siang ceritanya abis interview kerjaan di rektorat ui. Jadi pegawai kontrak doang sih, katanya cuma 4 bulan. Jadi awalnya tuhsi citra temen gue nge-share lowongan ini di grup. Gue cukup tertarik karena gue juga bosen sih dirumah. Tapi mungkin karena udah kelamaan dirumah juga, jadi gue rada males apply. Trus gue bilang ke temen seperjuangan gue kan, si cepi. Salary nya sih jauh kalo dibanding gaji gue pas kerja di perusahaan asuransi. Tapi kalo dipikir2 kerja sehari 4 jam doang ya wajar aja. Si cepi setuju, baiklah kalo dia mau apply gue pun juga kan, hahahahaaa gue anaknya lenjeh banget yak kudu ada temennya baru semangat. :p

Nah, pas gue udah apply, tau2 si cepi malah lupa apply, sampe udah lewat bates kirim email, dia malah baru kirim. Trus telpon gue ada 7 missedcall, gue silent jadi gue gak denger. Pas nomor itu nelpon lagi, gue masih sempet ragu2 untuk angkat karena ragu itu siapa. Telepon ke 9x, baru gue angkat. Tau2 dari rektorat nyuruh gue interview, wkwkwkkwkwk..

Trus sambil setengah hati, gue paksain diri gue untuk dateng interview. Kenapa setengah hati? Karena cepi gak ikut, gue sendirian.. Sampe lokasi, gue liat ada ulan, fanny, tyas, temen2 ekstensi gue. Baru deh mood gue naik lagi ! Yang pertama masuk si tyas. Interviewnya satu2. Dan satu orang bisa 30 menit. Ngok !

Akhirnya tibalah saat yang mendebarkan. Akhirnya gue interpiu lagi sist, setelah hampir 4 taun yang lalu gue interpiu. Eh, engga deng, sebulan yang lalu gue sempet interview juga di TK Al-Qur’an gitu. Tapi gak cocok kerjanya ama jadwal kuliah gue. Padahal abis interview, gue dipanggil lagi buat tes hafalan qur’an. Nah, gue tolak aja karena emang jadwalnya gak match, padahal gue juga takut sih, hahaha hafalan qur’an gue kan gak seberapa ya booo’ malu gue kan.. heheheee

Well, setelah mengumpulkan keberanian (lebay banget padahal gue santai banget) akhirnya gue masuk ruang SDM. Baru masuk gue udah nyasar, pffft. Akhirnya nanya ama bapak2 dimana ruang interviewnya. Dan bertemulah gue dengan 2 orang interviewer. Satu cowo, satu cewe. Keduanya keliatan humble. Tapi jaim lah gue kan.

Gue duduk, kalem. “Yak, silahkan duduk !” wadaoow, gue udah duduk sebelum disuru duduk, wakss.. Gue mengumbar senyum yang gak ada manis2nya ini, entah apa dua orang kaka ini mual dan enek, hehe gue lebih suka anggep mereka kaka mengingat umur gue yang udah lewat dari angka 25 T___T tapi karena professional, tetep gue panggil bapak ibu, tapi serius di lubuk hati gue, mereka kaka gue, tsaaahh..

Nama kamu?”
“Syahidah Sumayyah, pak..”
“Wah, berat ya nama kamu. Kamu tau siapa itu?”
“Iya. Tau pak.”
“Heroik banget loh itu kisahnya.”
“Iya pak”

Dalam hati gue kagum. Wah, jarang-jarang ada orang yang tau siapa itu Sumayyah. Biasanya orang paling tau kisah wanita zaman Rasul kan Fatimah, Aisyah, Khadijah, Aminah, jarang yang tau Sumayyah. Gue langsung anggep nih mas2 cool, pasti belajar siroh nabawiyah deh nih orang. Jarang2 lakik kayak gini jaman sekarang (kagak, gue kagak naksir.. penampakannya sih doi udah nikah, jadi gue kagak naksir, hahaha)

“Oke, kerjain soal2 ini dulu ya.”

Gue dikasih kayak semacem psikotest, tapi simpel banget cuma 3 jenis soal. Pertanyaan pertama waktunya 3 menit dan gue selesai dalam waktu 1 menit 30 detik. Pertanyaan kedua waktunya 3 menit, gue selesai 1 menit 15 detik. Dan terakhir soal logika, waktunya 5 menit, gue selesai 3 menit 24 detik. Mas ama mba nya ampe kaget karena itu termasuk cepat.

Trus masnya liat biodata gue,

“Kelahiran 89? Berarti sekarang udah 26 tahun?”
“Iya pak”
“Belum menikah???”
“Hheheehehe, iya belom”
(mulai cengengesan, mulai minus, mulai gak kontrol, haiiisshh.. )
“Kenapa?”
“Ya gapapa pak, belom ketemu aja ama jodohnya”
“Segera ya, jangan ditunda2..”
“Iya pak, mau kok pak..”
“Bilang doain aja pak biar segera”
“Hehe, iya pak betul kata ibunya. Doain aja”

Duh, gawat banget ini bahas2 masalah pribadi, gue gabisa dipancing2 bisa curhat colongan gue kalo gak baek2 nahan nih, hahahaa.. Dan mulai dari sinilah gue cengengesan, runtuh dinding pertahanan gue buat terlihat cool dan dewasa. Sisi bocah gue mulai merangkak keluar perlahan.

“Apa motivasi kamu kerja disini?”
“Soalnya kan deket dari kampus FKM, terus ya memanfaatkan waktu. Aku dirumah sih emang ngerjain tugas ama bantuin ibu, tapi kan masih ada juga waktu yang kosongnya. Sayang aja kan. Trus juga untuk meringankan beban ortu secara materi. Kan adek2 aku juga kuliah. Ya, orang tua sih gak keberatan, cuma ya akunya tau diri aja gitu pak, ngerasa beban juga”
(mata berkaca-kaca #puppyeyes)
ivanjaya.net
“Oh iya, kamu sebelumnya udah bisa berpenghasilan sendiri, sekarang jadi minta lagi ya? Hhahaha”
“Iya pak..”
“Baguslah kalo tau diri”
“Hahahaha iya pak..”
“Tapi orang tua mampu kan sebenernya?”
“Iya pak, insyaAllah, alhamdulillah cukup gak kekurangan pak”
“Kamu mau banget kerja disini?”

Duh, sebenernya gak mau2 banget sik, tapi gak mungkin kan kalo gue jujur2 amat. Ntar gue di blacklist gimana kan?

“Mau pak. Tapi yaa gimana yaa..”
“Skala 1-10 seberapa mau kamu kerja disini?”
“Hmm, 8 pak”
“Kenapa gak 10?”
“Soalnya saya denger yang apply banyak pak”
“Kamu pesimis?”
“Bukan gitu pak, cuman kalo ngarep ketinggian, trus realita gak sesuai ama ekspektasi tuh rasanya kayak udah terbang tinggi trus jatoh gitu pak, kan sedih, sakit rasanya..”
“Hahahahaa, kamu baper banget sih?”

Mak, iya kenapa gue jawab begitu yak? Hadoooohh, lepas kontrol. Lupaaaaaa, huuu maluuu :(
Jadi selama interview ini banyakan si mas yang ngomong. Si mba cuma menambahkan ama ikut ketawa2 aja. Gue jadi mikir ini interview kenapa jadi kayak gue stand up comedy mempermalukan diri sendiri :((((

“Jadi kesimpulannya kamu mau kerja intinya buat efisiensi waktu ya..”
“Iya pak..”
“Sambil nyari jodoh bisa..”
“Eh?”

Gue coba semaksimal mungkin buat ngerem biar gak bodoorr pisaan, wkwk. Jangan ampe gue kelepasan bilang waaa bapak tau aja itu niat sekunder sayaaa.. :D

“Iya nyari jodoh sekalian”
“Heee, emang bisa pak? Hahaha”
“Iyalah bisa. Disini banyak yang baik kok. Emang maunya ama bisnis man?”
“Ya enggaak paakk..”
“Enggak kan, yang penting baik, sudah mapan..”
“Oke pak !”
“Mau nikah kan?”
“Mau pak !”
“Segera yaa..”
“Iya pak !”
“Hahahahaa, semangat banget kamu bilang iya nya” (kata si mba)

Aduuuuuhhhhhhh, jadi gue terlihat sangat bersemangat ngomongin nikah? kayak mupeng banget gitu? Duh duh duh, minus banget sih guee (-___-)

“Kamu kalo ada orang yang ulang tahun suka kasih kado gak?”

Duh, pertanyaan macam apa lagi ini? Ini gue gak salah masuk ruangan kan? Jangan ampe salah jawab. Mungkin ini pertanyaan jebakan.

“Aku ngasih kado, anytime pak. Kalo lagi ada rejeki aku suka sharing kok. Jadi gak musti pas orang ulang tahun”
“Saya bulan ini ulang tahun, tanggal....”

Gubrak ! Dia modus rupanya. Minta banget dikasih kado, wkwkk.. Koplak ini pewawancara aseli dah. Gada serius2nya gue di interview kali ini.. Gada jaim-jaimnya. Rusak semua rusaaakkk..

“Coba ceritakan apa kekurangan dan kelebihan kamu?”
“Bla bla bla..” (males ngetiknya hahaa)
“Kamu tau wiradha itu kerjanya apa?”
“Kalo kata temen saya yang udah kerja disini siii....”
“siapa?”
“Citra.”
“Wah, banyak omong juga ya si citra itu.” (Glek ! apa gue salah ngomong? Gue harus membersihkan nama temen gue)
“Ya ngomong karena ditanya pak, aku kan kepo orangnya banyak tanya hehe jadi ya dia ngomong karena ditanya.”
“Ya gapapa kok. Apa katanya?”
“Input data ama bantuin staf yang butuh bantuan?”
“Bantuin apa?”
“Gatau pak”
“Minta beliin makanan, cuci piring gitu, mau?”
“Citra sih gak bilang detail nya, tapi kayaknya gak mungkin kayak gitu deh pak”
“Hahhahaa, eh saya mau kasih saran nih ya”
“Iya pak”
“Lain kali kalo interview, mata kamu harus fokus ama yang nanya dan please duduk diem jangan goyang-goyang”

Yassalaaaammm... jadi daritadi gue lupa kontrol badan gue yang pecicilan ini buat duduk kalem diem gitu? Jadi dartadi gue kayak cacing kepanasan? Mamiiii, lengkap udah ! Bobrok banget pasti gue dinilai ini... Hiiiikkkkksssss

“Saya cek dulu sekilas ya hasil tes kamu”
“Iya pak”
“Kamu kayaknya logikanya kurang ya !”

Gleekkkk... *nelen ludah
Gue pede banget padahal ngerjainnya. Dan gue cepet nyelesain nya tapi ternyata gue ngaco dan gak teliti serta terburu2 mengakibatkan si mas menilai logika gue kurang :(

“Aku kan wanita mas, aku pake hati gak pake logika kayak lakik”

Hahaahaha, gue gak ngomong gitu kok. Gilak kali gue ampe nyeplos kayak gitu. Bisa langsung diusir keluar gue kalo ampe ngomong kalimat menjijikan kayak gitu, huwaaaaa.. Trus akhirnya dibahaslah beberapa soal, yaaahhh iyaa gue salahh kurang teliti, huhuhu.. Awalnya confident, langsung drop deh mood gue. Tapi disemangatin ama mbanya.

“Yaudah gausah sedih. Kalo berjodoh nanti kita ketemu lagi yaa”

Akhirnya selesai sudah interview terkoplak ever !!! Yang isinya gue cengengesan, ketawa2, malu ama diri sendiri, act like a kid, pecicilan kumat, kontrol lepaaass, pecaahh sepecah-pecahnya.. Gue pasrah sepasrah-pasrahnya apakah bakalann diterima bekerja bareng kaka2 koplak itu, ato gue harus bye bye. Toh tadi gue bilang angka 8 soal expectation gue, hehehee..

Tapi semoga segera ketemu jodoh, sesuai kayak kata mas2 tadi, harus segeraaaaa hahahahaa...

Epilog :

Eiittsss, beberapa langkah menuju pintu keluar, gue merasa ada sesuatu yang salah, ada yang kurang. Dan mau gak mau, gue pun berbalik ke arah kursi tempat tadi gue interview. Sambil cengengesan, karena 2 kaka itu kayak bingung kenapa gue balik lagi, akhirnya tanpa ditanya gue bilang

"Heheheeheeeeeee, maapiiiinn.. Tasnya ketinggalan, hehehehehee.."

Kemudian gue diketawain, asyeeeemmm... lengkap sudah kekonyolan hari ini, yassalaaammm, pfftt.. (-___-)7


Cups Cum--

2 comments:

  1. Wahh seru banget ceritanya. Hehe. Kocak. Itu hasilnya diterima gak kak?

    ReplyDelete
  2. wah seru kakk.. aku juga buat sharing wiradha tapi jadi patma kak.. bisa di cek di youtube aku kak
    https://youtu.be/rSlW_yA9DUM makasih kak.

    ReplyDelete