Saturday, August 22, 2015

Speak Up !

A: Ah cemen lo gak berani ngomong ungkapin unek2 trus beraninya cuap2 pake status galau menye2, kayak Marshanda aje !
B : Hahahasyeeem, gue bukan Marshanda keleus gue Marsha and The Bear..
A : Makanya berani dong ! Hadepin ! Jangan bilang iya, tapi ngeluh melulu dibelakang !
B : Tapi kan......... lalalala, (berbagai macam alasan)

***
Baiklah, mari kita tinggalkan sejenak obrolan setengah fiktif setengah nyata antara A&B.

Akhir2 ini sering merebak status galau di berbagai sosmed. Kenapa? Mugkin hidup jaman sekarang emang makin berat ya, hehehe.. Ditambah lagi tuntutan hidup membuatnya semakin berat. Kalo jaman dulu kan nerimo aja gitu, kalo sekarang manusia lebih banyak berekspektasi. Dan ketika ekspektasi tidak sesuai dengan reality, munculah galau. Belum lagi jaman makin canggih, banyak sosmed. Kalo dulu cuma curhat ama beberapa sahabat terpercaya, sekarang curhat di sosmed melalui status2 yang terpampang nyata jadi semua temen tau, semua followers tau, bahkan kalo gak di lock accountnya maka seluruh dunia mungkin bisa tau, hahahahaha..

Well, ya.. Mau sedikit ngomongin soal keberanian untuk mengutarakan isi hati dan perasaan. Bukan, maksud gue bukan ‘nembak’ atau mengutarakan cinta, bukan itu bukan, walopun itu bisa menjadi salah satu bagian sih emang tapi bukan fokusnya di situ.

Entah apa karena orang lebih banyak yang berkepribadian tertutup? Tidak terbuka, tidak bisa jujur ke diri sendiri maupun orang lain. Atau karena budaya ‘ngga enakan’ yang udah mendarah daging? Atau karena rasa ‘takut’ yang berlebihan dan terbentuk dari hasil pendidikan dirumah sejak kecil, bahwa anak yang baik adalah anak yang penurut? Atau mungkin ada alasan lain?

Jelas2 hak manusia adalah hak bicara, hak menyampaikan pendapat, hak mengambil keputusan. Sebenarnya segala perbedaan bisa selesaikan asalkan dengan cara yang benar. Komunikasi yang benar ! I mean, kalo lo gak setuju terhadap sesuatu mending lo ngomong aja, sampaikan aspirasi lo, kasih pendapat lo, tapi tentunya dengan cara yang elegan ya jadi gak adu bacot sampe tarik urat. Menyampakan pendapat, keberanian lo untuk bicara, selama lo yakin itu benar, ya harus lo sampaikan.

Perumpamaan kalo lo lagi rapat, trus boss lo nyuruh A,B,C,D. Sebenernya lo gak setuju, tapi lo takut ama boss lo, jadi lo cuma bisa diam dan ‘terpaksa’ melakukan apa yang boss lo perintahkan. Atau misalnya ortu lo nyuruh lo kuliah jurusan A di kampus X padahal bukanitu yang lo mau. Tapi lo terlalu takut ama ortu lo, lo terbiasa jadi anak yang kalem dan penurut, jadi lo tetep ngejalanin. Mungkin itu bukan pilihan yang salah, toh ortu pasti menginginkan yang terbaik buat anaknya. Tapi lo terpaksa ngejalaninnya. Apa lo bakal bahagia???

Mungkin akan berjalan mulus kalo dalam proses ternyata lo bisa mengalahkan ego lo dan berpasrah dan ikhlas pada akhirnya. Bahagia itu pilihan kan? Terserah lo mau menjalani penuh ketidak ikhlasan atau akhirnya memilih ikhlas dan bahagia..

Tapi akan lebih menyenangkan kalo sejak awal lo bisa mengkomunikasikan semuanya. Menyampaikan pendapat, berani bicara !

Akan ada kemungkinan lo bakal ngejalanin apa yang emang lo pengen. Kalopun di tengah2 proses terjadi hal2 sulit, lo bakal lebih lapang dada karena itu emang pilihan lo sejak awal. Apalagi kalo udah dewasa pasti harus bisa bertanggungjawab dengan pilihannya dan siap menerima segala konsekuensi yang mungkin terjadi.

You can start speaking up ! And see what will happen? Even it’s getting worst, at least you’ll feel relief. Kekacauan di kepala dan di hati lo berhasil lo keluarin. Dan kalo lo bisa berani ngomong, asal gak pake emosi tapi tetep elegan, pasti bakal ada jalan keluar yang terbaik insyaAllah. Speak up juga bukan berarti ngomong tanpa disaring loh ya. Ingat mulutmu, harimaumu. Jadi tetap beretika, pikirkan berbagai option, jangan kebawa emosi sesaat, hehe..

Maybe there's a way out of the cage where you live. Maybe one of these days you can let the light in. Show me how big your brave is ! Say what you wanna say, and let the words fall out. Honestly, i wanna see you be brave ! 
– Sara Bareilles “Brave”

Walking like a one man army. Fighting with the shadows in your head. Living out the same old moment. Knowing you’d be better of instead, if you could only >> say what you need to say, say what you need to say !
– John Mayer “Say”


Keep calm and speak up !
Good afternoon, good people..
:)


Cups Cum--

2 comments:

  1. Aku speak up kok ttg coowk yg disukaa. Walaupun cuman kekaliann wkwkw eh tapi gue follow ig nyaa dongg hahaha beranii kan guee xD

    ReplyDelete