Saturday, August 15, 2015

Ta'aruf (?)

Eh, lo tau proses ta’aruf gak? Nih ya, gue jelasin dikit. Jadi dalam Islam kan gak ada yang istilah pacaran sebelum menikah. Jadi, sebelum nikah itu dikenal dengan proses ta’aruf. Ta’aruf itu adalah proses perkenalan melalui tukeran biodata gitu (hehe, bukan kayak anak SD yang nulis biodata di binder yah..) trus boleh juga nanya2 melalui perantara pokoknya gabole berhubungan langsung apalagi ketemu pergi berduaan, NO NO NO !

Kalo cocok, ya proses berlanjut ke tahap selanjutnya. Pria ke rumah perempuan ketemu orang tua. Trus dikasih waktu beberapa hari untuk istikharah dan mutusin bener gak ini orang yang bakal jadi pasangan hidup gue? Kalo udah mantep, baru deh pertemuan kedua keluarga dan persiapan pernikahan. Ta’aruf biasanya prosesnya cepet, to the point, dan gak belok2, luruuusss wae pokoknya soalnya niat serius banget mo nikah.

Trus gimana pendapat gue soal ta’aruf ini???

Gue sepakat, gak ada pacaran sebelum nikah ! Hidup hampir 26 tahun gue gak pernah pacaran. Eiitts, bukan gak laku ! Sori mayori yaa, yang pedekate banyak ! Hahahahaaaa.. Tapi kalo cuma main2, coba2, langsung aja gue tutup pintu hati iniii dari dirinya, tsaaahh..

Gue pernah ta’aruf gak? Pernah. Hmm, beberapa kali. Gausahgue cerita detail berapa kali, ama siapa aja, dan gimana prosesnya satu per satu. Itu rahasia ! Hahahaa pokoknya gue pernah ta’aruf sekian kali ! Wuehehee..

Lantas seberapa yakin gue dengan keberhasilan proses ta’aruf???

Well, gue yakin bahwa setiap orang sudah punya jodohnya masing-masing dan akan bertemu dengan caranya masing2 di waktu yang tepat. Keyakinan pada ketetapan Allah SWT tentunya harus ada di diri setiap manusia yang ngaku beriman ya. So there’s no need to worry kalo ampe saat ini gue masih sendiri ajaaa, hhihiiiyy..
ivanjaya.net

Banyak orang2 sekitar gue make proses ta’aruf ini sebelum nikah dan mereka berhasil dan bahagia. Termasuk bokap nyokap gue sendiri. Mereka udah nikah 26 tahun dan tetap saling mencintai karena Allah SWT. Jadi kalo ditanya seberapa yakin gue bahwa dua orang yang gak saling kenal, yang asing satu sama lain, bisa berjodoh ya gue sih yakin aja ! :)

Tapiii, hehe kok ada tapinya ya? Ini bukan tentang keyakinannya sih. Ini lebih ke pribadi masing2 orang. Gue pribadi, ini tentang gue pribadi ya, ini subjektif pisan, dan ini opini. Kita bole sepakat untuk tidak sepakat pada satu pendapat kok, bebas :)

Kalo gue boleh meminta, gue akan meminta untuk dipertemukan dengan takdir gue terlebih dahulu, mengenal langsung, lalu ketika gue merasakan cinta gue akan meminta penghalalan melalui ikatan suci melalui pernikahan. Jadi tetep gak ada pacaran, tapi gak ucuk2 asing banget juga.

Entahlah, mungkin karena iman gue yang masih lemah. Atau gue yang masih kurang berpasrah diri. :’)

Tapi gue akuin beberapa ta’aruf yang pernah gue jalanin emang gue mengalami keraguan di tengah jalan. Istikharah? Gue lakuin. Godaan syaiton? Bisa jadi. Tapi ketika proses gak lanjut, yaudah gue sih simpel aja mikir yaudah bukan jodoh gue.
ivanjaya.net

Untuk saat ini, hingga saat ini, gue masih ngerasa aneh aja kalo baca biodata laki-laki. Gue paham, gak bole nge-judge seseorang dari foto/biodata yang gak seberapa detail. Makanya biasanya gue kepo nyari socmed-nya dengan bantuan mbah google, hehe. Sekedar untuk mengenal lebih jauh. Dan itulah gunanya doa dalam Istikharah. Karena Allah Maha Tahu apa yang kita gak tau. Kita cuma bisa liat secuil melalui data diri yang dikasih, dan kita gak tau dia 24 jam, hanya Allah Yang Maha Tau.

Ada yang udah pacaran bertahun2 tapi putus, trus pas ta’aruf ama orang asing malah langgeng ke pernikahan, masyaAllah. Jadi ya, gue meyakini segala kebaikan dari proses ta’aruf. Cuma ya kalo boleh minta, gue yang awam ini maunya kenal dulu ama jodoh gue. Gak pacaran loh ! Tuh ampe gue bold ! Intinya semoga jodohnya orang yang di sekitar gue, jadi gak dari yang jauh2, gak dibawa pergi jauh, soalnya kan perempuan fitrahnya emang ikut suami, tapi aku maunya di jabodetabek aja biar deket ama family akuuu, hehehe.. Tapi kalo ternyata emang takdirNya adalah orang yang bener-bener asing buat gue, gak pernah kenal sebelumnya, ya gue yakin pasti Allah SWT yang bakal ngasih keyakinan ke gue bahwa dia (auk siapa) itu adalah jodoh gue, trus jalannya dipermudah..
ivanjaya.net

Eh tapi pernah, gue ta’aruf liat biodatanya gue jatuh hati, tapi prosesnya panjang berliku, hahaha ternyata bukan jodoh. Jadi ya intinya yaudah pasrah aja deh hahaha. Yang penting prosesnya gak melanggar syariat dah. Yang lurus2 ajaa, hohooooo

Betewe kalo soal kriteria???

So far kalo gue naksir sih kayaknya beda2 tipikalnya. Hahaha, jadi kayaknya gue gak punya kriteria. Tergantung hati aja. Tapi untuk imam seumur hidup, pastinya mau yang soleh, sabar, tanggung jawab, setia, pekerja keras, pinter, sehat, seru dan menyenangkan ! Aamiin, tolong bantu doanya yah biar dapet yang kayak gitu.. hihii

Have a nice day, everyone ! Spread your smile around he world..
ivanjaya.net


Cups Cum--

No comments:

Post a Comment