Friday, August 14, 2015

Puasa Syawal

Eh, besok syawal akan berakhir. Gak berasa banget dah.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR. Muslim no. 1164)

Jadi gue biasanya emang suka puasa syawal. Trus kemaren baca broadcast di whatsapp katanya kalo lo niat bayar puasa wajib (utang puasa Ramadhan) dibulan Syawal secara langsung dapet pahala Puasa Syawal juga. Trus dapet bc-an lainnya yaitu puasa syawal sambil ayyamul bidh (puasa tengah bulan hijriyah) dan senin kamis gitu deh.. Jadi dalam sepekan dapet cemacem pahala puasa.

Muncul pertanyaan, emang bisa ya niat puasa digabung-gabung begitu?

Jangan nerima broadcast mentah2, better lo cari tau dulu. Macem-macem jawaban, kesimpulannya kalo ibadah wajib gak bisa digabung dengan niat sunnah. Nah, kalo sunnah bisa digabung, tapi ahsannya (baiknya) dipisah aja. Masalah ibadah mah jangan pelit-pelit, hehe dan urusan pahala itu serahin aja pasrahin ke Allah. Iya kan iya kan?

Well, baiknya, utamanya, bayar puasa wajib dulu baru sunnah. Makanya taun ini gue mau bayar puasa Ramadhan dulu baru Syawal-an tapi selang seling gitu. Tapi bulan Syawal itu kan identik dengan silaturahim sana-sini. Jadilah seminggu awal gue gak puasa sama sekali. Nah, pekan kedua gue bayar hutang 2hari dan Syawal 2hari trus haid !
ivanjaya.net
Ampe 8 hari malahan haidnya. Trus gue pikir kalo bayar puasa lagi gak bakal keburu syawalnya. Akhirnya gue putuskan untuk syawal. Baru 2 hari gue syawal, eh gue diare masuk angin sedangkan syawal tinggal besoookkk..

So intinya adalah gue gak dapet syawal taun ini, sediiiihhhhhh..... Cuma 4 hari masaaaaa...


Udah cuma mau cerita itu biar agak lega. Bukan mau pamer ! Jangan apa-apa dinilai riya ! Ini gue lagi sedih justru ! Oke, bye ! Semoga hari kalian menyenangkan..


Cups Cum--

No comments:

Post a Comment