Thursday, August 9, 2012

[INFO] Bootloop

Sekali-kali posting yang berbau ilmu dan wawasan ah, biar orang tau omongan gue juga berisi, bukan sekedar omong kosong, wuahahahahaha..
ivanjaya.net

Bermula dari timeline twitter yang pada ngomongin OS baru android yaitu Jelly Bean.. Lalu seorang teman yaitu Aul nge-LINE bilang kalo dia udah upgrade OS hapenya. Well, oke. Secara OS gue masih Gingerbread ya, gue jadi agak kepo juga nih. Mulailah gue searching2 cara Upgrade OS, dan wuaalaaa, so easy. Gak sesulit yang gue bayangin..

Dari hasil googling-an gue sih ini yang gue dapet :
> Masuk menu setting
> Pilih About Phone
> Nah tinggal klik deh tuh Software Update

Gampang bukan??! Ini untuk hape Samsung Android yak..

Gue ikutin deh tuh kan sesuai langkah2 yang diajarin. Gue udah lupa dapet dari site mana aja, yang jelas intinya begitu caranya. Dengan pede dan sotoy dan sok-sokan gue lakuin. Dannnn…………………

You have restart your phone

Keluar tulisan kayak gitu, gue oke-in aja. Tapi ternyata sodara-sodara, apa yang terjadi kemudian, yak ! Hape gue nge-hang ! Gak mau nyala. Setiap dinyalain, stuck ampe logo Samsung yang kedap kedip. Hmmmm…. Gagal booting..
ivanjaya.netivanjaya.netivanjaya.net

Abis itu gue copot batre-nya trus gue nyalain lagi dengan hararapan, biasanya kan gitu kan? Hape error, matiin, terus nyalain lagi. Ato copot batre, diemin beberapa menit, pasang lagi terus nyalain lagi.

Tapi ternyata gak berhasil sodara-sodara. Pupus sudah harapanku. Hilang sudah asaku tertiup angina dan tersapu ombak di lautan.. *ngeeek, apaan sih gue* #abaikan

Gue mulai putus asa dan berniat untuk ngebawa si Ance (Android Ace) gue ke Samsung Service Center. Lumayan juga gue pikir nih klo harus service, masalahnya ance udah gak garansi.. Hiks.. Tapi iseng gue nyalain speedy. Dengan keyword “gagal booting”, gue nyari solusi.. Inget ya, gagal booting, bukan gagal bunting.. *ehh #abaikan (LAGI)

Wualaaa, Alhamdulillah gue nemuin solusinya ! Ternyata ada istilahnya nih kalo pas dinyalain hape stuck sampe logo Merk doang. Istilah kece-nya adalah BOOTLOOP.

Nah cara ngebenerinnya yang gue dapetin kayak gini nih :

> Matiin hape
> Nyalain lagi dengan mencet tombol tengah ama tombol power secara   bersama2
> Nah, masuk menu gitu kan, gue lupa deh tuh apa namanya
Pilih factory reset
> Abis itu booting lagi

Nah, insyaAllah niscaya hape anda akan bisa nyala lagi kayak hape saya, syalalalala~~~

Luar biasa bukan??!
ivanjaya.net

Oh ya, ini kan gue percobaan pake hape gue Samsung Galaxy Ace, kalo hape merk lain gue gatau caranya. Lupa ! Hahaha. Itu gue nemu solusi dari website mana juga gue lupa ! Pokoknya di website itu ada cara untuk Merk2 lain juga kok. Lo kalo ngalamin hal yang mirip kayak gue, googling aja pake keyword “bootloop” Oke guys ! Goodluck !

Oh ya, FYI nih, namanya juga factory reset, jadi hape lo bakal kebentuk dengan settingan kayak pertama kali lo beli tuh hape dan applikasi2 download-an lo pasti otomatis keapus, phonebook kalo save di memori hape juga pasti ilang, damn ! Itu yang bikin gue kesel. Nge-save nomor satu2 lagi itu kan lamaaaa bangeeeett.. Hiks, applikasi mah gapapa deh gampang tinggal download lagi..

Yaa, intinya dari pengalaman gue, ya gausah lah ya sotoy2 kayak gue. Terima aja semua yang ada di hape lo dengan lapang dada dan berjiwa besar, dan juga cinta tanah air tentunya ! hahahaha apaan sih ! Oke, sekian !


Cups Cum--

2 comments:

  1. hehehe...lucu banget gaya penulisanmu...bisa jadi novel tuh...semangat menulis..Barakallah..^_^

    ReplyDelete