Tuesday, August 2, 2011

Ini Terasa Aneh

Kita semua punya keluarga besar, right?

Yang namanya keluarga besar itu bukan cuma kamu, nyokap, bokap, ade, kaka. Yang namanya keluarga besar itu ada nenek, kakek, om, tante, dan sepupu bahkan keponakan !

Sepupu ! Entah saya punya sepupu berapa. Mengingat ibu saya adalah anak ke-4 dari 9 bersaudara. Yak ! 9 bersaudara mamen ! Bagaimana kalau kita mulai berhitung? Hmm, anggap saja sekalian membantu umi abi saya dalam menghitung-hitung jumlah sepupu saya. Bentar lagi kan lebaran nih, jadi biar disiapin berapa jumlah uang buat para sepupu saya yang notabene-nya adalah keponakan mereka.


Let’s start !

Kaka pertama    : 3 anak
Kaka kedua       : 4 anak
Kaka ketiga       : 3 anak
Ade pertama     : 3 anak
Ade kedua        : 3 anak
Ade ketiga        : 5 anak
Ade keempat    : 5 anak
Ade kelima       : 4 anak

Totalnya berarti saya punya 30 sepupu. Ini baru dari nyokap, belom lagi dari keluarga bokap. Well, dari 30 orang sepupu, mungkin yang sepantaran alias umurnya gak beda jauh sama saya ya mungkin emang gak nyampe 10 orang. Hmm, kira-kira 8 orang. Ini sebenernya angka-angka yang saya tulis ini, saya sendiri kurang yakin. Benarkah sepupu saya ada 30 orang? Ini yang saya inget sih, tapi mungkin aja ada yang baru lahir lagi. Gubrak ! maklum, saya kadang juga gak tau kalo ada saudara yang melahirkan, tiba-tiba pas ketemu, anaknya udah gede aja ! (-.-“)

Jadi inilah yang sebenernya mau saya bahas.

Hei, apakah kalian mengenal semua keluarga besar kalian dengan baik? Well, ini baru keluarga besar loh, belom keluarga jauh misalnya keluarga adek atau keluarga kaka dari nenek atau kakek kamu. Kok kadang saya ngerasa culun banget gitu ya. Ini apa saya yang terlalu sibuk, atau saya yang terlalu cuek, atau mungkin ini saya yang belagu banget sampe gak kenal ama sodara sendiri? Astaghfirullah..

Beneran deh ya, saya tuh sebenernya juga mau banget deket ama sodara. Apalagi kebanyakan sodara-sodara saya rumahnya gak begitu jauh. Ya masih bisa dijangkaulah. Gak usah deh yang jauh-jauh, yang deket-deket dulu aja, yang seumuraaan aja ! Please dong kita akrab ! Kalo baca novel tentang keluarga Hanafiah (efek kebanyakan baca novel) itu rasanya ngiriiii banget. Mereka bisa deket banget satu sama lain antar keluarga. Saling melindungi. Lebih sering sharing time with their family daripada ama temen-temen mereka.

Okelah, kalo ama keluarga inti mungkin saya emang masih close banget. Tapi ini loh ! ama keluarga besar ! ama sepupu-sepupu ! Kok kayaknya berjarak banget yaa?? Ini yang bikin saya kadang suka sempet mikir beberapa kali untuk hadir di acara keluarga yang cuma kumpul-kumpul. Biasanya yang segera muncul dipikiran saya adalah “entar disana ngapain ya?” “mau ketemu siapa ya?” “mau ngobrol apa ya?” “ ah, paling diem aja ! wasting time deh !” “ah, bosen entar palingan”
Nah, yang kayak gini-gini nih ! Bikin silaturahim renggang aja ! Apa karena kita (khususnya yang sepantaran ama gue) udah gede? Jadi sering ada agenda masing-masing. Jadi sering gak ketemu. Jadi mulai berjarak? Begitukah?

Anehnya kita akrab sekali saat berbincang melalui social network (baca : twitter dan facebook). Why? Why? Why? Tapi begitu ketemu langsung BLANK ! Nahlo, bingung mau ngobrol apa. Yang ada malah asik sendiri-sendiri dengan hp nya atau malah main sama sepupu cilik. What?!

Kalaupun udah mulai pembicaraan, pasti ujung-ujungnya ‘krik-krik’ hmm, mikir lama banget untuk menentukan ngomongin apa lagi ya kita?! Hahahaha, ini kocak ! Tapi sejujurnya ini memprihatinkan, menyedihkan dan memilukan !

Kelak kalau kita sudah menikah, punya keluarga masing-masing, jangan-jangan kita akan semakin sibuk dengan keluarga masing-masing sampai lupa kalo kita punya keluarga besar ! Oh, God ! Please jangan sampe itu terjadi !

Lalu saya sampai pada titik dimana saya berkata pada diri sendiri “Besok-besok kalo ketemu sodara harus nyapa duluan, ramah, dan berbagi cerita serta canda tawa yang tiada akhirnya” Namun yakin. Pasti pas ketemu mah Cuma sepik-sepik basa-basi nanya kabar lalu ENG ONG ! BENGONG ! SPEECHLESS ! Lalu memutuskan untuk >> asik ama hape aja deh !

#TRAGIS



Cups Cum--

No comments:

Post a Comment