Friday, March 18, 2011

Bangun Tidur tapi Kok Malah Lemes?

Kyaaaaaa......
Pernah gak sih kamu udah tidur cukup (6-8jam) tapi pas bangun, justru malah lemes, gak bersemangat, gak fresh. Loh? Bukannya tidur itu berarti istirahat dari segala macam aktifitas ya? Dan harusnya pas bangun tidur tuh kayak dapet tenaga baru untuk ngejalanin hari-hari.

Saya, hampir setiap pagi lemeeess mulu. Kayak gak ada semangat idup, duileee gak gitu2 amat sih, hehe.. Tapi ya, aseli deh ! Kalo kita lemes pas bangun tidur, akan berdampak ama kegiatan2 berikutnya.. Jadi males ngapa2in ! Itu yang biasanya terjadi ama saya. Aduh, kenapa bisa gitu sih ya? Padahal tidurnya udah cukup loh, gak kurang gak lebih. Well, dari beberapa artikel yang saya baca, ini yang saya dapetin :


1. Anemia

Anemia adalah kondisi yang berhubungan dengan kadar sel-sel darah merah dan hemoglobin yang rendah, yang mencegah oksigen dalam jumlah yang cukup untuk didistribusikan ke seluruh tubuh. Gejalanya yang umum terlihat adalah kehilangan energi dan rasa lelah yang kronis. Nah, kalo tubuh kamu kurang dapet cakupan oksigen, jadi lemes deh.. Gituu !


2. Sering terbangun di malam hari


Jam tidur yang banyak, tetapi sering terbangun di malam hari justru bisa mengganggu kesehatan. Terkadang kita sering terbangun di malam hari dan kesulitan untuk kembali tidur. Selain mengurangi jam tidur, hal itu juga membuat kita lebih mudah lelah saat bangun pagi.

3. Jadwal tidur gak teratur
Ketika tidak ada kegiatan, orang suka menghabiskan akhir pekan dengan tidur sepuasnya. Kedengarannya asyik, tapi jika kamu tidur dan bangun pada jam-jam yang berbeda selama seminggu, kamu bisa mengacaukan siklus 24 jam yang berkaitan dengan pengaturan siklus tidur kamu. Untuk menjaga agar energi tetap tersedia, kuncinya adalah menentukan waktu tidur dan bangun yang selalu sama setiap hari. 


4. Bosan
Kurangnya stimulasi bisa mengacaukan tingkat energi kamu. Kalau kamu mulai jenuh dengan pekerjaan rumah,kantor / sekolah, cobalah untuk mencari sesuatu yang baru yang lebih menantang. Pikiran yang tetap aktif karena tantangan yang baru bisa mendongkrak energi, lho.

5. Kasur dan bantal Anda yang kurang nyaman
Kasur dan bantal sangat berpengaruh untuk mendapatkan tidur yang nyaman dan nyenyak. Meskipun cukup tidur, jika kasur dan bantal tak nyaman, pas kamu bangun justru merasa sakit di leher dan punggung. Selama kita tidur, bantal menyangga leher yang menjadi tempat berkumpulnya saraf. Jika posisi leher saat tidur tidak benar, bisa menyebabakan cedera.

6. Kurang mendapat sinar matahari

Ternyata ada juga orang yang hidup di negara tropis namun jarang terkena matahari. Itulah yang terjadi kalau kamu lebih suka beraktivitas di dalam rumah,sekolah (di dalam ruang kelas misalnya) dan di kantor pun selalu bekerja di belakang meja. Padahal, sinar matahari mengirimkan sinyal ke otak untuk melepaskan serotonin, senyawa kimia pemberi rasa senang yang membuat kamu merasa lebih bahagia dan lebih terjaga. Repotnya lagi, cahaya lampu di ruangan (seperti kantor) yang tidak natural juga bisa mengacaukan siklus 24 jam kamu. Berjemur di bawah matahari pagi 10 menit saja bisa membuat kamu lebih berenergi dalam sekejap, dan meningkatkan kualitas tidur kamu pada malam hari. 

7. Stres
Stres yang kronis akan menyerap cadangan energi dan mengurangi kemampuan kamu untuk mengatasi penyebab stres yang terlihat. Kalau kamu merasa selalu tegang sepanjang waktu, cobalah untuk melakukan meditasi, yoga, atau olahraga, untuk menenangkan pikiran. Kualitas tidur kamu bukan hanya akan membaik, tapi kamu juga membebaskan otak untuk berfokus dalam menyuplai energi ke dalam tubuh,sehingga tubuh pun merasa lebih relax.  Pastikan kamu cukup mengonsumsi magnesium dan kalsium, mineral yang dapat membantu menghilangkan stres dan mencegah depresi.


8. Kurang olahraga
Penelitian menunjukkan, olahraga secara teratur dapat meningkatkan kadar energi dalam jangka panjang. Menurut Patrick O’Connor, PhD, direktur laboratorium psikologi olahraga dari University of Georgia, 90 persen studi mengenai latihan dan kadar energi menunjukkan bahwa orang yang semula kurang aktif namun mulai berlatih akan mengurangi keletihannya. Jika suatu ketika kamu merasa ingin tiduran barang 20 menit, cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan ringan sebagai gantinya.

nah, kira-kira gitu deh ya teman-teman..
bisa coba di cek, mana yang kira-kira bikin tidur kamu jadi kurang berkualitas dan justru malah les deh tuh pas bangun tidur. Tapi saya punya tips pribadi, yaitu :

"kalo saya tuh tiap bangun tidur, solat subuh, bawaannya kan mau tidur lagi.. Jadi biasanya saya sengaja menjauh dari kamar. Keluar kamar, jauhin kasur, tapi jangan ke sofa ! Pokoknya segera beraktifitas, yang bikin badan adaptasi dengan cepet. Nonton TV kek, liat berita2, ato gak langsung mandi supaya seger !!! Hihi, ampuh loh ! Kalo lagi libur kan bawaannya males mandi tuh, biasanya jadi males ngapa2in juga. Nah, kalo mandi jadi lebih semangat..hehe"

baiklah ! silahkan dianalisis penyebab kamu jadi gak semangat tiap bangun tidur, dan coba di atasi dan cari jalan keluarnya !
SEMANGAT PAGIIIII.................
\[^____^]/




Cups Cum--

No comments:

Post a Comment