Sunday, June 2, 2013

E-Ticketing CommuterLine

Syalala..
Indonesia oh Indonesia..
Jakarta oh Jakarta..
Kereta oh kereta..
 

Hahaha, apaan sih gue? Gak jelas banget..
Pokoknya nih ya, gue mau sedikit ngerumpi tentang E-ticketing Commuterline..

bukan tangan gue, tangan gue alus dan lembut, ini nyomot daru gugel.. hahaha..

Indonesia termasuk Negara yang ketinggalan nih guys soal pemberlakuan E-ticketing. Secara selama ini kita masih pake ‘karcis’ kertas itu. Nah, rencananya per-Juni 2013 ini kita mau mulai pake system E-ticketing.
 
Gue pribadi setuju aja sih ya ama system ini. Gimana pun juga harus ada perubahan. Indonesia gak boleh terus-terusan ketinggalan dari Negara-negara berkembang lainnya.

Tapiiiiiiiii..

Selalu aja ada tapi. Hahahaha. Yang namanya suatu kebijakan pasti ada pro-kontranya ya..
Dan pihak kontra mengatakan bahwa system E-ticketing ini ribet, rempong dan menyusahkan.

Gue sih paham banget yang mereka maksud ribet tuh gimana. Gue juga ngerasa gitu sebenernya. Tapi ya kalo mau Negara ini maju, ya kita harus support kebijakan ini. Kebanyakan masyarakat Indonesia emang gak sabaran dan serba mau yang praktis aja.
 ivanjaya.net
Sehari-hari aja, masuk dan keluar stasiun rebutan udah kayak apaan tauk. Masuk dan keluar kereta api pun juga begitu. Dorong-dorongan sikut-sikutan saling egois dan gapeduli orang lain ‘yang penting gue’ gitulah istilahnya.

Nah, sekarang bayangin ya, system E-ticketing ini kan pake proses tapping kartu baru bisa dorong apa sih itu namanya, yang besi kayak kita kalo mau masuk wahana taman bermain gitu deh. Nah, masyarakat Indonesia ‘dipaksa’ untuk membiasakan antri dan sabar. Hihihihi. Lucu deh ngebayanginnya. Ini emang pe-er banget buat Negara dan pribadi kita masing-masing ! Pasti bakalan susah banget di awal pemberlakuan system ini. Pasti bakal denger banyak celoteh caci maki yang keluar dari mulut masyarakat kita. Dan, kemungkinan terburuknya adalah alat tapping dan pintu dorong besi itu bakal rusak ! Ini mungkin terjadi kalo ternyata pengguna jasa tetep dorong-dorongan sehingga tuh pintu rusak dan akhirnya gagal lah system ini..


Nah, PT. KAI juga harus sabar nih denger celoteh keluh kesah masyarakat. Kalo alat rusak, segera perbaiki ! Seiring berjalannya waktu, masyarakat pasti akan mulai terbiasa hidup disiplin, membudayakan antri, dan sabar. Hihihi..
ivanjaya.net
Pe-er PT. KAI yang berikutnya adalah memberikan fasilitas yang memadai. Jadwal kereta diperbaiki.
Per-Mei 2013 kemarin jadwal kereta berubah dan itu gak sesuai kebutuhan. Khususnya ini opini gue sebagai pengguna jasa CommuterLine arah Tanah Abang. Biasanya gue naik yang kereta balik dari Depok jam 7.10 jadi ga terlalu penuh dan jam 8.05 udah sampe kantor. Tapi sekarang kereta balik ke Tn.Abang adanya jam 6.40 dan CL Tn.Abang berikutnya yang dari bogor baru adalagi tuh sekitar jam 7.30. Jadi ya pasti gue telat melulu sampe kantor.. Kalopun gue naik yang kearah Kota trus transit di Manggarai, itu paling cepet gue sampe kantor jam 8.20
 ivanjaya.net
Kalo gue perhatiin, penumpang CL itu banyakan yang kearah Tn. Abang dan turun di Sudirman. Karena itu emang kawasan gedung perkantoran. Nah, harusnya jumlah CL yang ke Tn. Abang ditambah dan jadwalnya di perbaiki terutama untuk jam-jam berangkat dan pulang kerja. Ini sih opini dari gue pribadi yaa..
ivanjaya.net 
Daaann, kenapa kereta Rangkaian Khusus Wanita (RKW) dihapuskan???
Padahal itu cukup berguna loh ! Lagi-lagi ini menurut pandangan subjektif gue ya, karena gue termasuk pengguna jasa RKW kalo lagi ketinggalan CL Tn. Abang yang jam 6.40. Nah, RKW ini adanya sekitar jam 7.00 jadi lumayan pas lah ya buat transit di Manggarai trus lanjut ke sudirman..

Katanya siiii, RKW dihapus karena menyebabkan PT. KAI merugi. Sebagai masyarakat awam yang bisanya cuma protes, gue bingung banget. Padahal pengguna kereta kebanyakan wanita. Dan tiap pagi gue naik RKW itu penuh juga loh. Cuma gue ngerasa lebih nyaman karena semuanya cewek. Jadi walopun penuh gak banyak celoteh lah. Hahahha..

Terus, gimana PT. KAI bisa rugi? Kan penuh? Dan RKW tuh jaraaaaaaaanggg banget. Cuma 1 (satu) rangkaian kayaknya untuk arah kota dan tn.abang.. Bahkan untuk tn.abang pagi-pagi jam berangkat kerja tuh gada RKW makanya gue naik yang ke kota dan transit di Manggarai..

Hhhh, lagi-lagi gue hanyalah masyarakat awam yang gatau gimana perputaran dana PT. KAI..

Yah, semoga aja system yang baru ini bisa sukses dan menjadikan kita semua masyarakat yang taat pada peraturan, disiplin, sabar dan mau ngantrii..
Hahahhaahahhaa..
Sumpeh, gue ngebayanginnya kalo sukses bakal indah banget kayaknya naik kereta !
ivanjaya.net
Pikir positifnya, jangan pikir ribetnya !
See yaaa..


Cups Cum--

No comments:

Post a Comment