Wednesday, March 4, 2015

Tugas Kelompok

Woaaaaahhhhh....
Postingan pertama di tahun 2015..
Finallyyy.......
 
Sebagai mahasiswa tentunya yang gue hadepin gak cuma tugas individu. Kadang bahkan lebih sering gue dapet tugas kelompok daripada tugas indvidu. Gue setuju bahwa kita harus bersikap professional dan gak boleh kekanakan. Jadi harus siap sekelompok ama siapa-siapa. Apalagi kalo dosennya yang ngebentuk kelompoknya, otomatis kita gak bisa pilih-pilih mau sekelompok ama siapa toh?

Gue sebenernya berkepribadian introvert, yang bilang gue gak cocok jadi introvert pasti adalah orang-orang yang deket dan udah kenal gue lama. Mereka biasanya gue condong ke ekstrovert karena gue bawel, berisik, insane ! Tanpa mereka sadarin, gue berisik, bawel, dan insane cuma pas ada diantara mereka, orang-orang terdekat.

Gue kalo boleh, maunya semua tugas mending jadi tugas pribadi aja. Hahaha. Bukan egois sih, tapi lebih karena gue males “repot” koordinasi ama orang-orang terutama mereka yang bukan temen-temen circle-an gue. Sombong? Bukan. Angkuh? Oh, no no ! Mungkin lebih tepatnya “kurang nyaman” :)

Inget ya, bukan gak nyaman. Cuma kurang nyaman. Dan bukan gak bisa bekerja secara kelompok dan egois cuma mikirin diri sendiri. Bukan, bukan gitu..


Kalo keadaan memaksa gue bekerja secara tim dengan orang-orang yang gue gak nyaman sama mereka, gue secara professional pasti tetep bakal bekerja secara tim sama mereka. Cuma ya, palingan gak sepenuh hati, gak semangat, lebih suka ngobrol di grup trus share email daripada ketemu dan ngumpul langsung.

Emang kelompok yang kayak gimana yang bikin gue “kurang nyaman”?

Sama orang yang gak gue kenal sekalipun gue gak masalah sebenernya. Gue kalo udah kecemplung ditengah orang2 gak dikenal yaudah sih gapapa gue tetep bisa survive, yaudah kenalan aja ngobrol2 bahas tugas, rundingan biasa, dll. Gue sih sebenernya gak menutup diri yah. Gue terbuka dalam hal pertemanan. Cenderung sksd juga kadang.

Justru yang bikin gue kurang nyaman adalah tim yang cuek, males, pokoknya kayak bodo amat deh gitu ama tugasnya. Gue kadang jadi gemes yah. Kadang rasanya mau banget gue kerjain semuanya sendiri, gak masalah deh walopun gue harus mengatasnamakan tim walopun gue yang bikin, gitu yah. Tapi kan kadang gue juga gak enak yah, seolah-olah gue sok pinter, sok ngatur-ngatur tim, sombong, dll. Padahal maksud gue, daripada stuck dan nilai semua anggota terancam, mending gue kerjain sendiri. Kalo bingung, nanya ke temen gue dikelompok lain. Hahahaha.

Makanya gue lebih suka tugas individu. Karena gak perlu ribet janjian ketemuan, gak perlu ribet koordinasi, gak perlu ribet manajemen hati kalo kelompoknya nyebelin, gausah ribet cari-cari alesan kalo lagi males kumpul, gausah gak enakan kalo ternyata telat ato bagian tugas gue hasilnya jelek, dll.

Tapi harus diakuin, beberapa tugas besar emang pasti kewalahan kalo dikerjain sendirian. Makanya dibikin tugas kelompok biar bisa ada pembagain tugas. Nah, gue lebih suka kalo dikasih kebebasan dalam memilih anggota kelompok. Kalo kita kerja ama orang-orang yang kita nyaman kerja bareng mereka, bisa diajak kerja sama dan komunikasi lancar, pasti hasilnya lebih maksimal.

Dan pun terpaksa kepisah ama temen-temen deket kita dan harus setim ama orang-orang yang gak kita kenal, yaudahlah yah professional aja. Kenalan trus mulai jalin komunikasi yang baik. Selama kita gak nyebelin duluan, kayaknya orang lain pun bakal welcome aja sih. Yah, positifnya jadi nambah kenalan baru.

Terakhir, kalo nasib kurang baik dan kita jadi bete karena dapet tim yang gak oke, gak semangat, males, cuek, dll.... kalo bisa sih kita yang jadiin diri kita moodbooster. Semangatin temen2 kita, doaian biar hatinya terbuka, hahahaha, dan sebisa mungkin atur emosi biar gak terpengaruh jadi ikutan males. Kalo mentok banget yaudah ikhlas aja ngerjain tugas kelompok sendirian..

Nih, kelompok yang kece tuh kayak gini :





Cups Cum--

No comments:

Post a Comment